Peningkatan kemampuan menghitung perkalian mata pelajaran matematika materi pecahan biasa melalui metode jarimatika kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo
ctrlnum |
19536 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/</relation><title>Peningkatan kemampuan menghitung perkalian mata pelajaran matematika materi pecahan biasa melalui metode jarimatika kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo</title><creator>Janah, Dewi Roikhatul</creator><subject>Matematika</subject><subject>Pendidikan</subject><description>Latar Belakang dilakukan penelitian ini adalah dikarenakan Rendahnya kemampuan mrnghitung siswa pada siswa kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Penyebab lainnya yakni Guru belum menggunakan teknik dan trik berhitung yang sesuai dengan karakteristik siswa dan menggunakan cara-cara konvensional. Maka dari itu penelitian ini memilih menggunakan pembelajaran dengan teknik jarimatika, dengan harapan akan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanajang Sidoarjo. Jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan alat berupa kesepuluh jari tangan. Tujuan diadakan Penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui penggunaan metode Jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada pelajaran Matematika materi operasi hitung pecahan siswa siswi kelas VB di MI Roudlotul Banat Sepanjang, Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian pada pelajaran Matematika menggunakan metode Jarimatika pada siswa siswi kelas V B di MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahap, yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Jarimatika mengalami peningkatan. Aktivitas guru meningkat dari perolehan pada siklus I 72,5 (Baik) dan pada siklus II menjadi 88,75 (Sangat Baik). Aktivitas siswa meningkat pada siklus I 60 (Cukup) menjadi 88,75 (Sangat Baik) pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73,1 menjadi 87,8 pada siklus II. Prosentase kemampuan menghitung siswa juga meningkat dari 63,1% (Kurang) menjadi 89,5% (Baik).</description><date>2017-08-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19536/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Janah, Dewi Roikhatul (2017) Peningkatan kemampuan menghitung perkalian mata pelajaran matematika materi pecahan biasa melalui metode jarimatika kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>19536</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Janah, Dewi Roikhatul |
title |
Peningkatan kemampuan menghitung perkalian mata pelajaran matematika materi pecahan biasa melalui metode jarimatika kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo |
publishDate |
2017 |
topic |
Matematika Pendidikan |
url |
http://digilib.uinsby.ac.id/19536/1/Cover.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/2/Abstrak.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/3/Daftar%20Isi.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/4/Bab%201.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/5/Bab%202.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/6/Bab%203.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/7/Bab%204.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/8/Bab%205.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/9/Daftar%20Pustaka.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19536/ |
contents |
Latar Belakang dilakukan penelitian ini adalah dikarenakan Rendahnya kemampuan mrnghitung siswa pada siswa kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Penyebab lainnya yakni Guru belum menggunakan teknik dan trik berhitung yang sesuai dengan karakteristik siswa dan menggunakan cara-cara konvensional. Maka dari itu penelitian ini memilih menggunakan pembelajaran dengan teknik jarimatika, dengan harapan akan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas VB MI Roudlotul Banat Sepanajang Sidoarjo. Jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan alat berupa kesepuluh jari tangan. Tujuan diadakan Penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui penggunaan metode Jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada pelajaran Matematika materi operasi hitung pecahan siswa siswi kelas VB di MI Roudlotul Banat Sepanjang, Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian pada pelajaran Matematika menggunakan metode Jarimatika pada siswa siswi kelas V B di MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahap, yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Jarimatika mengalami peningkatan. Aktivitas guru meningkat dari perolehan pada siklus I 72,5 (Baik) dan pada siklus II menjadi 88,75 (Sangat Baik). Aktivitas siswa meningkat pada siklus I 60 (Cukup) menjadi 88,75 (Sangat Baik) pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73,1 menjadi 87,8 pada siklus II. Prosentase kemampuan menghitung siswa juga meningkat dari 63,1% (Kurang) menjadi 89,5% (Baik). |
id |
IOS2718.19536 |
institution |
UIN Sunan Ampel Surabaya |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
285 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya |
library_id |
456 |
collection |
Koleksi Digital UIN Sunan Ampel |
repository_id |
2718 |
subject_area |
Filsafat Psikologi Teknik Kimia |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2718 |
first_indexed |
2017-11-08T23:09:23Z |
last_indexed |
2019-06-14T01:29:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778987878973440 |
score |
17.538404 |