ctrlnum 19528
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/</relation><title>Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo</title><creator>Purwati, Rini</creator><subject>Metode Pembelajaran</subject><subject>Metode</subject><description>Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo dalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan prosentase belajar siswa dikelas sebelumnya sebesar 45% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan metode pembalajaran yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan metode CIRC untuk diterapkan kepada siswa. &#xD; Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo dengan menggunakan metode CIRC. &#xD; Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah 25 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. &#xD; Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan metode CIRC terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai prosentase 81,81% (baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai prosentase 89,58% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai prosentase 82,14% (baik), sedangkan pada siklus II mencapai prosentase 87,5% (sangat baik); 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74 Pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88 dengan prosentase hasil belajar sebesar 60% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.</description><date>2017-08-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19528/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Purwati, Rini (2017) Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>19528</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Purwati, Rini
title Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo
publishDate 2017
topic Metode Pembelajaran
Metode
url http://digilib.uinsby.ac.id/19528/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19528/
contents Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo dalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan prosentase belajar siswa dikelas sebelumnya sebesar 45% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan metode pembalajaran yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan metode CIRC untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo dengan menggunakan metode CIRC. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah 25 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan metode CIRC terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai prosentase 81,81% (baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai prosentase 89,58% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai prosentase 82,14% (baik), sedangkan pada siklus II mencapai prosentase 87,5% (sangat baik); 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74 Pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88 dengan prosentase hasil belajar sebesar 60% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.
id IOS2718.19528
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:09:23Z
last_indexed 2019-06-14T01:29:27Z
recordtype dc
_version_ 1765778987897847808
score 17.538404