Peningkatan kemampuan membilang banyak benda mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media benda konkret siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Bulu Kediri
ctrlnum |
19519 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/</relation><title>Peningkatan kemampuan membilang banyak benda mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media benda konkret siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Bulu Kediri</title><creator>Istiana, Desy Putriarma</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Media</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Latar belakang penulisan ini rendahnya kemampuan membilang banyak benda pada mata pelajaran matematika. Guru sering menggunakan cara ceramah dan sangat jarang menggunakan media untuk membantu proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui penerapan media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan membilang banyak benda melalui media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan, yaitu Perencanan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan media benda konkret dalam pembelajaran matematika pada membilang banyak benda materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri berjalan dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 62,5 dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi 96,09 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 61,53 dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi 96,15 dengan kategori sangat baik pada siklus II. (2) Peningkatan kemampuan membilang banyak benda melalui media benda konkret meningkat dengan sangat baik. Hal ini terbukti pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 30% dengan kategori tidak baik dan rata- rata mencapai 61,75. Pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 60% dengan kategori cukup baik dan rata-rata mencapai 71,25. Terjadi peningkatan lagi pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas mencapai 86,25.</description><date>2017-08-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19519/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Istiana, Desy Putriarma (2017) Peningkatan kemampuan membilang banyak benda mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media benda konkret siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Bulu Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>19519</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Istiana, Desy Putriarma |
title |
Peningkatan kemampuan membilang banyak benda mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media benda konkret siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Bulu Kediri |
publishDate |
2017 |
topic |
Pendidikan Media Pembelajaran |
url |
http://digilib.uinsby.ac.id/19519/1/Cover.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/2/Abstrak.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/3/Daftar%20Isi.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/4/Bab%201.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/5/Bab%202.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/6/Bab%203.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/7/Bab%204.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/8/Bab%205.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/9/Daftar%20Pustaka.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/19519/ |
contents |
Latar belakang penulisan ini rendahnya kemampuan membilang banyak benda pada mata pelajaran matematika. Guru sering menggunakan cara ceramah dan sangat jarang menggunakan media untuk membantu proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui penerapan media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan membilang banyak benda melalui media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan, yaitu Perencanan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan media benda konkret dalam pembelajaran matematika pada membilang banyak benda materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri berjalan dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 62,5 dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi 96,09 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 61,53 dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi 96,15 dengan kategori sangat baik pada siklus II. (2) Peningkatan kemampuan membilang banyak benda melalui media benda konkret meningkat dengan sangat baik. Hal ini terbukti pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 30% dengan kategori tidak baik dan rata- rata mencapai 61,75. Pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 60% dengan kategori cukup baik dan rata-rata mencapai 71,25. Terjadi peningkatan lagi pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas mencapai 86,25. |
id |
IOS2718.19519 |
institution |
UIN Sunan Ampel Surabaya |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
285 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya |
library_id |
456 |
collection |
Koleksi Digital UIN Sunan Ampel |
repository_id |
2718 |
subject_area |
Filsafat Psikologi Teknik Kimia |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2718 |
first_indexed |
2017-11-08T23:09:23Z |
last_indexed |
2019-06-14T01:29:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778987923013632 |
score |
17.538404 |