Daftar Isi:
  • Writing adalah satu dari 4 kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Tujuan dari writing adalah untuk mengkomunikasikan ide dri penulis dalam bentuk tulisan kepada pembaca. Sebagian besar dari siswa kelas 8 MTs Sabilul Muttaqin mempunyai masalah untuk mengkomunikasikan ide mereka dalam sebuah tulisan. Peneliti telah menggunakan pixton untuk mengetahui efek pixton dalam peningkatan tulisan narrative text siswa. Pixton sebagai media pembelajaran membantu sisiwa untuk mengeluarkan ide-ide mereka ke dalam writing media ini membuat mereka lebih mudah dalam mengorganisasikan generic structurnya. Peneliti mengunakan metode experimental semu dengan mengambil 2 kelas, kelas 8A sebagai kelas experimental yang menggunakan media pixton dan kelas control yang tidak menggunakan media pixton. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan progam SPSS 24 untuk menganalisis nilai pretest dan posttest siswa. Pretest dilaksanakan untu mengetahui apakah kedua kelas mempunyai kemampuan menulis narrative text yang sama atau tidak. Berdasarkan hasil independent t-test pada pretest bias dilihat bahwa nilai 2-tail sig adalah 0.109> 0.05. hal ini bermaksud bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pad akelas experimental dan kelas control. Step yang selanjutnya adalah treatment kepada kedua kelas. Setelah melaksanakan treatment, kedua kelas melaksanakan posttest atau final test. Pada posttest menganalisis data dengan independent t-test diketahui bahwa nilai 2-tail-sig adalah 0.00<0.05. ini bermaksud bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas experimental dengan kelas control. Berdasrkan hasil tersebut, maka treatment menggunakan media pixton efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis narrative text.