Daftar Isi:
  • Remaja memiliki beberapa tugas perkembangan, diantaranya adalah memilih dan merencanakan karir yang apabila remaja mampu menyelesaikan tugas tersebut, maka dianggap telah mencapai kematangan karir. Jenis sekolah di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 29 tahun 1990 yaitu Sekolah Menengah Umum (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Agama, dan kematangan karir lebih dikaitkan dengan siswa SMK karena memang sistem kurikulum yang digunakan yaitu untuk mengasah skill agar lulusan siap kerja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara vocational identity dengan kematangan karir siswa SMK. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Surabaya. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran dan akuntansi dengan jumlah 100 siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kematangan karir dan vocational identity. Penelitian ini menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,334 yang berarti ada hubungan cukup signifikan antara vocational identity dengan kematangan karir siswa SMK.