ctrlnum 19322
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/</relation><title>Kiprah peran pondok pesantren dalam membentuk soft skill : studi kasus pondok pesantren mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik</title><creator>Hidayah, Latifatul</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><description>Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam upaya membimbing, mengayomi dan mendidik anak. Pendidikan seharusnya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang tidak hanya terampil dan cerdas namun juga bermoral yakni mempunyai perilaku sopan, disiplin, jujur dan mampu bekerjasama secara baik dengan orang lain.Dalam hal ini menurut penulis pola pendidikan pesantren sangat relevan jika dikaitkan dengan pembentukan moral anak karena melalui pendidikan pondok pesantren ini mereka tidak hanya diajarkan bagaimana menjadi seorang yang berintelektual tinggi namun juga bagaimana menjadi pribadi yang baik dengan pantauan penuh oleh pengasuh dan pengurus pondok pesantren. Apabila seseorang mempunyai moral atau soft skills yang baik maka dia akan dapat membawa diri dengan baik dalam pergaulannya, baik dalam berfikir, bertindak dan berucap.Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan lapangan. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan teknik deskriptif analisis yaitu menggambarkan atau menerangkan keadaan yang sebenarnya yang terjadi di lapangan untuk kemudian dianalisis oleh peneliti.Hasil dari penelitian dalam membentuk soft skill melalui pendidikan pondok pesantren yakni melalui melalui kegiatan keagamaan, pembinaan kedisiplinan, serta sikap saling kerja sama. Sedangkan atribut soft skill santri melipiti taat beribadah, jujur, disiplin, bertanggung jawab, komunikasi yang baik dan sabar.Faktor pendukung dalam membentuk soft skill santri antara lain peran pengasuh pondok yang selalu mengontrol dan membimbing setiap kegiatan, adanya pengurus yang selalu memberi motivasi dan bimbingan serta antusiasme santri dalam mengikuti kegiatan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain sarana dan prasarana yang kurang memadai serta kurangnya kesadaran dari para santri untuk melaksanakan segala aturan dengan hati yang ikhlas.</description><date>2017-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19322/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Hidayah, Latifatul (2017) Kiprah peran pondok pesantren dalam membentuk soft skill : studi kasus pondok pesantren mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay. </identifier><recordID>19322</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hidayah, Latifatul
title Kiprah peran pondok pesantren dalam membentuk soft skill : studi kasus pondok pesantren mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik
title_sub studi kasus pondok pesantren mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik
publishDate 2017
topic Pendidikan Islam
url http://digilib.uinsby.ac.id/19322/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19322/
contents Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam upaya membimbing, mengayomi dan mendidik anak. Pendidikan seharusnya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang tidak hanya terampil dan cerdas namun juga bermoral yakni mempunyai perilaku sopan, disiplin, jujur dan mampu bekerjasama secara baik dengan orang lain.Dalam hal ini menurut penulis pola pendidikan pesantren sangat relevan jika dikaitkan dengan pembentukan moral anak karena melalui pendidikan pondok pesantren ini mereka tidak hanya diajarkan bagaimana menjadi seorang yang berintelektual tinggi namun juga bagaimana menjadi pribadi yang baik dengan pantauan penuh oleh pengasuh dan pengurus pondok pesantren. Apabila seseorang mempunyai moral atau soft skills yang baik maka dia akan dapat membawa diri dengan baik dalam pergaulannya, baik dalam berfikir, bertindak dan berucap.Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan lapangan. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan teknik deskriptif analisis yaitu menggambarkan atau menerangkan keadaan yang sebenarnya yang terjadi di lapangan untuk kemudian dianalisis oleh peneliti.Hasil dari penelitian dalam membentuk soft skill melalui pendidikan pondok pesantren yakni melalui melalui kegiatan keagamaan, pembinaan kedisiplinan, serta sikap saling kerja sama. Sedangkan atribut soft skill santri melipiti taat beribadah, jujur, disiplin, bertanggung jawab, komunikasi yang baik dan sabar.Faktor pendukung dalam membentuk soft skill santri antara lain peran pengasuh pondok yang selalu mengontrol dan membimbing setiap kegiatan, adanya pengurus yang selalu memberi motivasi dan bimbingan serta antusiasme santri dalam mengikuti kegiatan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain sarana dan prasarana yang kurang memadai serta kurangnya kesadaran dari para santri untuk melaksanakan segala aturan dengan hati yang ikhlas.
id IOS2718.19322
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:09:20Z
last_indexed 2019-06-14T01:29:23Z
recordtype dc
_version_ 1765778988555304960
score 17.538404