Hubungan antara peer relationship dengan interpersonal competence pada siswa MA boarding school Amanatul Ummah Surabaya
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peer relationship dengan interpersonal competence pada mahasiswa. Peer relationship merupakan faktor yang mempengaruhi seseorang hingga memiliki interpersonal competence. Penelitian ini memiliki variabel bebas dan variabel terikat yaitu peer relationship dan interpersonal competence. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala peer relationship dan skala interpersonal competence. Penelitian ini merupakan penelitian sampel. Subjek penelitian berjumlah enam puluh satu siswa MA Boarding School Amanatul Ummah Surabaya. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi p = 0.000 < 0.05 dan r = 0.701 > 0.254 artinya Ha diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan antara peer relationship dengan interpersonal competence pada siswa. Berdasarkan hasil tersebut juga dapat dipahami bahwa hubungannya bersifat positif sehingga menunjukkan adanya hubungan yang positif, artinya semakin tinggi peer relationship maka semakin tingi pula interpersonal competence pada siswa. Siswa MA boarding school dengan peer relationship yang tinggi maka mereka mampu membina hubungan interpersonal sehingga berdampak pada kemampuan membuka diri (self disclousure), kemampuan untuk memberikan bersikap asertif, kemampuan untuk memberikan dukungan emosional kepada orang lain, empati serta kemampuan mengelola dan mengatasi konflik dengan orang lain.