تحليل المضمون و طرائق البحث في تأليف الرسالة الجامعية لطلاب قسم تعليم اللغة العربية بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

Main Author: Asyari, Khafidh.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/19088/37/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/3/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/4/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/38/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/39/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/40/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/41/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/42/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/43/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19088/
Daftar Isi:
  • Studi pendidikan Bahasa Arab di UIN Sunan Ampel Surabaya termasuk yang paling tua, namun sejauh ini belum ada pemetaan wacana secara jelas. Penelitian ini berupaya menjelaskan peta wacana substansi dan metodologi studi bahasa Arab yang tercermin dalam skripsi PBA selama 2011-2016. Melalui penelusuran sumber, telaah kritis, dan analisis isi terhadap 291 skripsi, ditemukan bahwa tema yang paling dominan pada aspek cabang ilmu bahasa arab adalah materi muhadasah, aspek keterampilan bahasa adalah keterampilan berbicara, aspek mata kuliah utama yaitu metode pengajaran bahasa arab, aspek studi institusi pengajaran bahasa arab ialah studi di madrasah/sekolah, aspek studi teks yaitu tentang kajian/analisis kitab pembelajaran dan studi tentang tokoh masih belum ada yang mengkaji. Sedangkan metode penelitian yang dominan pada aspek metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, dalam bentuk penelitian jenis penelitian yang paling banyak digunakan yaitu penelitian kuantitatif dan sumber penelitian yang banyak adalah penelitian lapangan. Dengan demikian, metodologi yang digunakan dalam penulisan skripsi Pendidikan Bahasa Arab relatif lebih mempertimbangkan relevansi sosial-eduksional daripada relevansi intelektual-konsepsional.