فعالية طريقة التعليم (دراسة العمل الواقعي) لترقية مهارة الكتابة (الإنشاء) في تعليم اللغة العربية في الفصل الثامن بمدرسة "إحياء العلوم" المتوسطة الإسلامية كرسيك

Main Author: Fatmawati, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/18879/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/9/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/7/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/
ctrlnum 18879
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/</relation><title>&#x641;&#x639;&#x627;&#x644;&#x64A;&#x629; &#x637;&#x631;&#x64A;&#x642;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; (&#x62F;&#x631;&#x627;&#x633;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x645;&#x644; &#x627;&#x644;&#x648;&#x627;&#x642;&#x639;&#x64A;) &#x644;&#x62A;&#x631;&#x642;&#x64A;&#x629; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x643;&#x62A;&#x627;&#x628;&#x629; (&#x627;&#x644;&#x625;&#x646;&#x634;&#x627;&#x621;) &#x641;&#x64A; &#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x627;&#x644;&#x644;&#x63A;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x631;&#x628;&#x64A;&#x629; &#x641;&#x64A; &#x627;&#x644;&#x641;&#x635;&#x644; &#x627;&#x644;&#x62B;&#x627;&#x645;&#x646; &#x628;&#x645;&#x62F;&#x631;&#x633;&#x629; "&#x625;&#x62D;&#x64A;&#x627;&#x621; &#x627;&#x644;&#x639;&#x644;&#x648;&#x645;" &#x627;&#x644;&#x645;&#x62A;&#x648;&#x633;&#x637;&#x629; &#x627;&#x644;&#x625;&#x633;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x643;&#x631;&#x633;&#x64A;&#x643;</title><creator>Fatmawati, Putri</creator><subject>Metode Pembelajaran</subject><description>Metode baru yang di anggap menarik dalam pembelajaran adalah metode Belajar Kerja Nyata (BKN). Yang mana metode ini saya terapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab keterampilan menulis. Dengan menggunakan metode ini dapat membantu siswa agar mudah menulis karangan yang nanti hasil dari karangan tersebut bisa menghasilkan suatu produk yang baru yang ada di sekolah misalnya madding sekolah atau kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan metode Belajar Kerja Nyata (BKN) dalam meningkatkan keterampilan menulis (karangan) siswa dalam pembelajaran bahasa arab Di MTs Ihyaul Ulum Gresik.Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana keterampilan menulis (karangan) dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Gresik. 2. Bagaimana metode BKN (Belajar Kerja Nyata) dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Gresik. 3. Bagaimana Efektivitas metode BKN (Belajar Kerja Nyata) dalam meningkatkan keterampilan menulis (karangan) pada pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Gresik.Dari permasalah tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase dan T-Test. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi,dan Tes.Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian tentang Efektivitas metode BKN (Belajar Kerja Nyata) untuk meningkatkan keterampilan menulis (Karangan) bagi siswa kelas VIII di MTs Ihyau Ulum Gresik dari sebelum penelitian 55% dan sesudah penelitian sejumlah 83% sehingga mendapat kriteria bagus sekali. Serta t hitungnya = 20,7. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (t_0&gt; t_t ) yaitu (2,4 &lt; 20,7 &gt; 2,0) maka H_0 ditolak H_a di terima.Hal ini menunjukkan adanya efektivitas metode BKN (Belajar Kerja Nyata) dalam meningkatkan keterampilan menulis (karangan) bagi siswa kelas VIII di MTs Ihyaul Ulum Gresik.</description><date>2017-08-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/9/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/7/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/18879/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Fatmawati, Putri (2017) &#x641;&#x639;&#x627;&#x644;&#x64A;&#x629; &#x637;&#x631;&#x64A;&#x642;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; (&#x62F;&#x631;&#x627;&#x633;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x645;&#x644; &#x627;&#x644;&#x648;&#x627;&#x642;&#x639;&#x64A;) &#x644;&#x62A;&#x631;&#x642;&#x64A;&#x629; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x643;&#x62A;&#x627;&#x628;&#x629; (&#x627;&#x644;&#x625;&#x646;&#x634;&#x627;&#x621;) &#x641;&#x64A; &#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x627;&#x644;&#x644;&#x63A;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x631;&#x628;&#x64A;&#x629; &#x641;&#x64A; &#x627;&#x644;&#x641;&#x635;&#x644; &#x627;&#x644;&#x62B;&#x627;&#x645;&#x646; &#x628;&#x645;&#x62F;&#x631;&#x633;&#x629; "&#x625;&#x62D;&#x64A;&#x627;&#x621; &#x627;&#x644;&#x639;&#x644;&#x648;&#x645;" &#x627;&#x644;&#x645;&#x62A;&#x648;&#x633;&#x637;&#x629; &#x627;&#x644;&#x625;&#x633;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x643;&#x631;&#x633;&#x64A;&#x643;. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>18879</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fatmawati, Putri
title فعالية طريقة التعليم (دراسة العمل الواقعي) لترقية مهارة الكتابة (الإنشاء) في تعليم اللغة العربية في الفصل الثامن بمدرسة "إحياء العلوم" المتوسطة الإسلامية كرسيك
publishDate 2017
topic Metode Pembelajaran
url http://digilib.uinsby.ac.id/18879/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/9/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/7/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18879/
contents Metode baru yang di anggap menarik dalam pembelajaran adalah metode Belajar Kerja Nyata (BKN). Yang mana metode ini saya terapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab keterampilan menulis. Dengan menggunakan metode ini dapat membantu siswa agar mudah menulis karangan yang nanti hasil dari karangan tersebut bisa menghasilkan suatu produk yang baru yang ada di sekolah misalnya madding sekolah atau kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan metode Belajar Kerja Nyata (BKN) dalam meningkatkan keterampilan menulis (karangan) siswa dalam pembelajaran bahasa arab Di MTs Ihyaul Ulum Gresik.Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana keterampilan menulis (karangan) dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Gresik. 2. Bagaimana metode BKN (Belajar Kerja Nyata) dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Gresik. 3. Bagaimana Efektivitas metode BKN (Belajar Kerja Nyata) dalam meningkatkan keterampilan menulis (karangan) pada pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Gresik.Dari permasalah tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase dan T-Test. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi,dan Tes.Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian tentang Efektivitas metode BKN (Belajar Kerja Nyata) untuk meningkatkan keterampilan menulis (Karangan) bagi siswa kelas VIII di MTs Ihyau Ulum Gresik dari sebelum penelitian 55% dan sesudah penelitian sejumlah 83% sehingga mendapat kriteria bagus sekali. Serta t hitungnya = 20,7. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (t_0> t_t ) yaitu (2,4 < 20,7 > 2,0) maka H_0 ditolak H_a di terima.Hal ini menunjukkan adanya efektivitas metode BKN (Belajar Kerja Nyata) dalam meningkatkan keterampilan menulis (karangan) bagi siswa kelas VIII di MTs Ihyaul Ulum Gresik.
id IOS2718.18879
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:09:14Z
last_indexed 2019-06-14T01:29:12Z
recordtype dc
_version_ 1765778990236172288
score 17.538404