فعالية تطبيق نموذج التعليم التعاوني السيناريو (Cooperative Script) لترقية مهارة القراءة للتلاميذ في الصف الثامن "أ" بمادة "مهنة الطب" بمدرسة السلفية الشافعية المتوسطة سوكاسيوو بوجونيجورا
Daftar Isi:
- Terdapat beberapa masalah yang timbul dalam mempelajari Bahasa arab ketrampilan membaca diantaranya : tidak mengerti bacaan serta kosa katanya. Adapun masalah lain timbul dari metode pembelajaran yang tidak bervariasi. Maka dari itu peneliti menggunakan Model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan Ketrampilan Membaca. Disini Peneliti membahas tentang Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca materi Mihnah At-Tib Siswa Kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu Bojonegoro dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana Ketrampilan Membaca Siswa Kelas VIII A Materi “Mihnah At Tib” di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu Bojonegoro. 2) Bagamana Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca Siswa Kelas VIII A Materi “Mihnah At Tib” di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu Bojonegoro. 3) Bagaimana Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca Siswa Kelas VIII A Materi “Mihnah At Tib” di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu Bojonegoro. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan Pre dan Post Tes tiap siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Angket, 4) Tes dan 5) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampelnya dengan jumlah 15 Siswa kelas VIII A. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script efektif untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas VIII A Materi “Mihnah At Tib”. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari Analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-test (11,9) sedangkan T-tabel ( 2,14 dan 2,98). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.