تطوير التدريبات لتنمية مهارة القراءة ببرنامج "Articulate Studio" :البحث و التطوير مع التطبيق في قسم تعليم اللغة العربية بالجامعة الإسلامية الحكومية فمكاسان

Main Author: Isnaini, Anisah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/18574/47/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/48/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/49/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/50/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/51/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/52/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/53/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/54/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/55/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/18574/
Daftar Isi:
  • Articulate Studio adalah software buatan Global Incorporation USA yang dikhususkan untuk mendesain media pembelajaran berbasis ICT, dimana software ini dapat diunduh gratis di www.articulate.com. Fokus penelitian ini terdiri atas 3 hal, yaitu: 1) bagaimana pengembangan latihan berbasis program articulate studio dalam meningkatkan keterampilan membaca di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pamekasan; 2) bagaimana penerapan latihan berbasis program articulate studio dalam meningkatkan keterampilan membaca di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pamekasan; 3) sejauh apa efeftifitas latihan berbasis program articulate studio dalam meningkatkan keterampilan membaca di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan latihan berbasis articulate studio, dan penerapannya dalam pembelajaran keterampilan membaca, serta sejauh apa efektifitas latihan tersebut dalam meningkatkan keterampilan membaca di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan langkah-langkah penelitian Robert Maribe Branch, dengan prosedur penelitian sebagai berikut; analisis, desain, pengembangan, evaluasi, dan implementasi. Hasil penelitian ini berupa; pengembangan latihan berbasis program articulate studio, yang mana setelah dilakukan uji validasi mendapat nilai rata-rata 4.17 dari segi materi dengan kategori “sangat baik”, adapun dari segi media mendapat nilai rata-rata 4 dengan kategori “baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan berbasis program articulate studio layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran maharah qiraah. Penerapan latihan berbasis program articulate studio berpengaruh pada aktifitas belajar siswa, dimana mereka terlihat lebih aktif dalam pembelajaran maharah qiraah serta memperoleh respon yang sangat baik dari mahasiswa karena latihan tersebut mudah digunakan dan membantu mereka dalam belajar mandiri. Efektifitas latihan berbasis program articulate studio dalam meningkatkan keterampilan membaca dapat dilihat dari nilai pretes-postes, dimana nilai rata-rata pretes 61.46 yaitu nilai sebelum siswa menggunakan latihan berbasis program articulate studio dan nilai rata-rata postes 85 yaitu nilai setelah mereka menggunakan latihan berbasis program articulate studio, terlihat ada peningkatan nilai sebasar 23.54, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada efektifitas latihan berbasis program articulate studio dalam meningkatkan keterampilan membaca.