Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam pemilihan judul tesis ini adalah penulis tertarik kepada MTs. KHA Wahid Hasyim yang mana ini adalah dalam naungan pondok pesantren, yang seharusnya siswa yang sekolah di MTs. KHA Wahid Hasyim faham dan bisa betul dengan mengucapkan kalimat arab khususnya pada pelajaran bahasa Arab, tetapi kebanyakan siswa kurang mampu mengucapkan Bahasa Arab dengan benar. Karena kurang adanya latihan dan pembiasaan dalam mengucapkan kata-kata Bahasa arab di lingkungan belajar mengajar. Buku-buku penunjang proses belajar mengajar masih bersifat umum. Secara khusus tentang keterampilan berbicara belum ada dalam proses belajar mengajar. Sedangkan fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana menyiapkan materi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil. 2). Seberapa efektifkah materi pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil. Adapaun tujuan peneliti adalah 1) untuk mengetahui keberhasilan penggunaan materi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil. 2) untuk mengetahui efektifitas penggunaan materi pembelajaran dalam pembelajaran keterampilan berbicara oleh siswa di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil.Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan berbicara dan mengetahui efektifitas materi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan berbicara siswa di MTs KHA Wahid Hasyim Bangil ini. Desain Materi Pembelajaran ini memiliki kelebihan-kelebihan dalam pembelajaran bahasa arab, diantaranya membantu meningkatkan Guru/siswa untuk lebih focus dalam proses pembelajaran, kemauan siswa untuk belajar.Dalam pelaksanaanya, peneliti menggunakan penelitian pengembangan (development and research) dengan prosedur penelitian Borg and Gall. dengan pendekatan kualitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 4 langkah; (1) Penyusunan desain Materi Pembelajaran, (2) Penerapan Desain Materi Pembelajaran, (3) Observasi, (4) Penilaian. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari; 1) Observasi, 2) Angket, 3) wawancara 4) Tes (Pre tes dan Post-tes). Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1.Perlunya desain materi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara khusus. Karena dalam buku-buku materi pembelajaran hanya terdapat sekitar 26% yang digunakan dalam keterampilan berbicara. Sedangkan 74% lainnya digunakan oleh keterampilan berbahasa yang lain seperti menulis, membaca dan mendengar. 2.Hasil penelitian yang bisa diperoleh adalah Bahwa penggunaan desain materi pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab mempunyai dampak bagi motivasi dan minat guru serta siswa, karena dengan menggunakan desain materi pembelajaran guru atau siswa lebih mudah memahami dan menggunakan kata (mufrodat) bahasa Arab sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari. Sedangkan dampak pemakaian audio visual bagi guru adalah beban guru menjadi lebih ringan dan terfokus dengan kebutuhan siwa karena desain materi pembelajaran sudah disediakan sesuai kebutuhan siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan desain materi pembelajaran mampu memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan berbicara siswa di MTs KHA Wahid Hasyim. hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata akhir pada proses belajar mengajar. selain itu penggunaan desain materi pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menumbuhkan kecintaan siswa dalam pembelajaran ketrampilan berbicara. hal ini diindikasikan dengan penuhnya perhatian mereka ketika mengikuti proses belajar mengajar.