إعداد مواد تعليم مهارة الاستماع على أساس الثقافة المحلية: بالتطبيق على طالبات البرنامج المكثف لتعليم اللغة العربية بمعهد الجاوي لطالبات الجامعة سورابايا
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjawab serta memberikan solusi terhadap problematika dalam proses pengajaran di Program Intensif Bahasa Arab Pondok Pesatren Mahasiswi Al-Jawi Surabaya, atas dasar itulah penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar dan sekaligus diujicobakan keefektifanya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) nilai kemampuan mendengar siswa sebelum menggunakan bahan ajar berbasis muatan lokal atau budaya lokal adalah 1882 dengan rata-rata 75,28 dan 2) nilai kemampuan mendengar siswa sesudah menggunakan bahan ajar berbasis muatan lokal atau budaya lokal adalah 2045 dengan rata-rata 82,16 sedangkan 3) efektifitas penggunaan metode ini ditunjukkan oleh hasil tes-T yang mencapai 12,69, hasil ini lebih besar dari nilai tabel T yaitu 2,80. Hal ini juga dikuatkan dengan hasil yang diperoleh dari hasil analisa angket, penilaian pakar Bahasa Arab, serta wawancara berbagai pihak terkait yang memiliki kesimpulan sama dengan analisa nilai tes.