Pedoman praktik pengalaman lapangan II (PPL II)
Main Authors: | Mudlofir, Ali, Jazil, Saiful, Rusydiyah, Evi Fatimatur, Kusaeri, Kusaeri, Soraya, Irma, Sutikno, Sutikno, Muhlisah, Muhlisah, Farisia, Hernik |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel dan UINSA Press
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/17667/1/Panduan%20ppl%202%20FTK%202017.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/17667/ |
Daftar Isi:
- Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II merupakan program yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang bertujuan untuk membentuk 4 kompetensi guru sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kualifikasi Guru. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, personal, sosial, dan profesional. Pada tataran praktis, program PPL II ini adalah sebagai usaha menampilkan citra FTK secara utuh di hadapan masyarakat pengguna, yaitu performa sosok calon sarjana Tarbiyah yang berorientasi pada profesionalitas guru PAI, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, guru MI/ SD, dan guru RA/ TK dengan sejumlah kapasitas yang tidak saja mampu dalam bidang isi materi, namun juga dalam bidang pengajaran dan pembelajaran. Konsep pembelajaran pada saat ini berubah dari arah behavioristik menuju konstruktivistik. Perubahan ini diharapkan dapat merubah pola fikir mahasiswa dalam belajar. Demikian juga sekolah-sekolah yang menjadi tempat praktik diharapkan juga mampu membekali mahasiswa ke arah itu. Karena ciri khas dari pembelajaran yang konstruktivistik adalah learning community (komunitas belajar). Artinya siswa-siswi merupakan subjek belajar. Oleh karena itu guru harus mampu mendesain suasana kelas yang menyenangkan agar tumbuh minat belajar pada diri siswa. Buku ini disusun guna dijadikan pedoman bagi mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, guru pamong, badan pelaksana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas, serta instansi yang terkait di lapangan.