تطوير المواد التعليمية اللغة العربية في ضوء منهج ٢۰۱۳: بحث تطويري مع التطبيق لدى طلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية كرنجريجا تولونج أجونج في سنة 2016/2017

Main Author: Nafiah, Dewi Ulfatus Salmatin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/17624/49/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17624/
Daftar Isi:
  • Sebuah pembelajaran yang efektif harus memiliki acuan sebagai sumber belajar, yaitu buku ajar yang berisi materi pembelajaran sesuai silabus, kompetensi inti dan kompetensi dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengatasi masalah ketersediaan bahan ajar buku teks yang baik dan bertujuan untuk menghasilkan buku teks pelajaran bahasa Arab tingkat MTs kelas VII semester 1 yang sesuai dan layak untuk siswa pada jenjang tersebut. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1)Apakah setiap pokok bahasan yang ada dalam buku ajar tersebut relevan dengan kurikulum serta standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada menunjang empat keterampilan berbahasa, menulis, membaca, berbicara dan menyimak, (2) Apakah materi yang disajikan dalam buku teks pelajaran bahasa Arab sudah sesuai dengan standar bukuyang baik, dan (3) Apa saja kekurangan dan kelebihan dari buku teks pelajaran bahasa Arab tersebut. Dilihat dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta siswa terhadap buku teks pelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan tahapan yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli media dan materi, (5) siswa (6) produk akhir. Proses validasi dilakukan oleh satu ahli media dan ahli materi. Subjek penelitian adalah penerbit Hilmi Putera, siswa, guru mata pelajaran bahasa Arab di tingkat MTs. Data diperoleh dari angket untuk ahli media dan ahli materi serta respon siswa terhadap buku teks pelajaran yang dikembangkan pada aspek pembelajaran, aspek media, dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi terhadap kelayakan buku teks pelajaran kelas VII dalam aspek pembelajaran, kelayakan buku teks pelajaran dari aspek tampilan dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa menunjukan buku teks pelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi, dapat membantu dan memudahkan mereka dalam belajar bahasa Arab. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa produk buku teks pelajaran bahasa Arab yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas VII di tingkat MTs.