Peranan bimbingan konseling dalam proses belajar mengajar di SLTP kabupaten Lamongan
Daftar Isi:
- Bimbingan dan konseling itu memiliki andil besar dan sangat dirasakan keperluannya dalam keseluruhannya proses pendidikan. Namun yang menjadi suatu problem adalah karena kurang disadarinya atau difahaminya peranan tersebut dan belum diadakannya studi riset secara berencana dan sistematis, sehingga peranan bimbingan dan konseling dalam proses belajar mengajar belum dapat diketahui secara akurat. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui peranan bimbingan dan konseling dalam proses belajar mengajar di SL TPN daerah Lamongan. Untuk mengetahui peranan bimbingan dan konseling belajar dalam memecahkan masalah belajar (kesulitan belajar siswa) di SLTPN daerah Lamongan. Pembahasan ini dilakukan berdasarkan lapangan dengan metode pengumpulan data, sampel dengan cara observasi, interview kemudian menganalisa data. Dari hasil pembahsan disimpulkan diantaranya bahwa Dalam proses belajar mengajar antara orang tua-guru-siswamasyarakat barus ada keterkaitan dalam memberikan p embinaan, sehingga kesulitan apapuo yang menimpa anak didik mampu diatasi. Terlebih orang tua sebagai peodidik utama dan pertama baruslah memperhntikan anak sedini mungkin sehingga pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak terarah, jadi tidak diserahkan sepenuhnya pada sekolah. Peranan guru terutama bimbingan dan konseling di sini mempunyai arti yang sangat penting dalam rangka mengantarkan anak didik mencapai prestasi sesuai dengan yang diharapkan.