Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dalam mengkaji layanan bimbingan belajar bagi siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo, dengan tujuan unruk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar, bagaimana prestasi belajar siswa tunagrahita clan peran layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Pelaksanaan penelitian memerlukan waktu kurang lebih satu minggu ( 23 juli 2012 - 02 Agustus 2012), dengan menggunakan penelitian kualitatif dan dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses layanan bimbingan belajar bagi siswa tunagrahita ringan yang dilakukan di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo sudah berjalan sesuai dengan program bimbingan dan konseling. Upaya bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIl-A adalah melalui metode teknik congklak, Adapun pelaksanaannya guru bimbingan clan konseling dibantu guru mata pelajaran matematika, melalui upaya tersebut diharapkan siswa tunagrahita ringan dapat meningkatkan prestasi belajar terutama pada bidang akademik matematika. Dari perolehan dan observasi, diketahui nilai rata-rata sebelum adanya tekhnik congklak. adalah 65, dan sesudah adanya bimbingan belajar nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 8,08 dengan analisis regresi.