تطوير بنود اختبار اللغة العربية لغير العرب في جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية بمالانج
Daftar Isi:
- Latar belakang dari pemilihan judul ini berawal dari keingintahuan penulis akan nilai dari analisis butir soal dalam tes tersebut. Maka penulis mencoba untuk menganalis butir soal dari TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran isi TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) ini, bagaimana nilai analisis dari TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) ini, dan pengembangan TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language). Model Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dan tempatnya di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun metode pengumpulan data untuk memecahkan rumusan masalah tersebut adalah menggunakan metode Dokumentasi.Dengan metode pengumpulan data tersebut dapat diperoleh hasil bahwasanya terdapat peningkatan nilai antara sebelum dan sesudah pengembangan tes TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) diterapkan, hal ini dapat dilihat dari analisis butir soal tes TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) ini bahwa terdapat 30 soal yang kurang baik, kemudian dikembangkan dengan mengganti soal yang kurang baik tersebut dengan soal yang baru, kemudian diujicobakan dan dianalisis lagi, sehingga memperoleh hasil terdapat 8 soal yang kurang baik, setelah dilakukan proses analisi yang kedua ini, maka soal-soal yang layak menggantikan soal-soal yang tidak layak. adapun pengaruh pengembangan TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) ini sangat kuat dilihat dari validitas yang lebih dari 0,88, semoga penelitian pengembangan tes TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) bermanfaat bagi pendidikan.