Hubungan antara Self Regulated Learning dengan prokrastinasi akademik mahasiswa STIT Al Urwatul Wutsqo
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara Self Regulated Learning dengan prokrastinasi akademik mahasiswa STIT Al Urwatul Wutsqo. Untuk mengungkap persoalan tersebut penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang digunakan untuk memeriksa fakta dan data mengenai hubungan antara Self Regulated Learning dengan prokrastinasi akademik mahasiswa STIT Al Urwatul Wutsqo. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI di STIT Al Urwatul Wutsqo dengan jumlah 100 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis product moment diperoleh angka korelasi sebesar -0,585 dengan taraf signifikan 0,000. Karena signifikan <0,05 maka hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang negatif antara Self Regulated Learning dengan prokrastinasi akademik mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi prokrastinasi akademik mahasiswa akan semakin rendah self regulated learning yang dimiliki mahasiswa begitu juga sebaliknya.