تصميم المواد التعليمية في تدريس الإملاء لتنمية مهارة الكتابة ( البحث و التطوير مع التطبيق على طلاب الفصل الثاني المدرسة الدينية الأولى النور جرسيك)

Main Author: Chusnaini, Ana Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/16967/49/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/1/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/7/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/2/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/55/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/56/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/57/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/58/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/59/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16967/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyusun materi ajar untuk meningkatkan kemahiran menulis bagi siswa Madrasah Diniyyah Ula Annur Gresik. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan : (1) Apa materi ajar yang dikembangkan bagi siswa Madrasah Diniyyah Ula Annur . (2) Sejauh mana efektifitas materi ajar yang disusun penulis bagi siswa Madrasah Diniyyah Ula Annur. Penelitian ini menggunakan metode R & D, dan tahapan-tahapannya menggunakan rumusan yang telah dirumuskan oleh Sugiyono dalam bukunya. Selain itu, peneliti juga menggunakan metode ujian pre-test dan post test, serta angket untuk mengetahui hasil dari pengembangan buku ajar. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Peneliti menyusun materi ajar yang bernama Ta’ līmul Imla’ Muyassar yang berfungsi sebagai materi ajar utama dalam pembelajaran Imla’ . (2) Buku ajar disusun penulis terbukti efektif dalam meningkatkan kemahiran menulis Arab siswa. Efektifitas ini terlihat dari hasil pre test 63,5 %, dan ketika digelar ujian post test nilai yang didapat meningkat yakni 84 %. Hasilnya nilai t- hitung lebih besar, sehingga hal ini menandakan bahwa hasil uji coba telah sukses. Indikatornya adalah perbedaan antara hasil pre- test dan hasil post-test