Studi tentang efektifitas penerapan metode demontrasi dengan non demontrasi dalam menunjang keberhasilan pengajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Canga'an Ujungpangkah Gresik
Daftar Isi:
- Pengajaran Aqidah Akhlak sebagaimana pengajaran mata pelajaran lainnya sebagaimana pengajaran mata pelajaran lainnya memerlukan metode yang tepat agar pengaJaran tersebut memenuhi sasaran secara efektif dan efisien, dan diantaranya metode pengajaran Aqidah Akhlak yang dapat dipakai sesuai dengan perkembangan anak adalah metode demontrasi, karena metode ini dapat memudahkan anak didik dalam menyerap, memahami, dan mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh guru, terutama pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana penggunaan metode demontrasi dan efektifitasnya dalam menunjang pengajaran Aqidah Akhlak serta bagaimana keberhasilan pengajarannya di Madrasah lbtidaiyah Ihyaul Ulum Canga'an? Penelitian ini menggunakan metode populasi dan sampel dengan hasil akhir menyimpulkan bahwa penggunaan metode demontrasi dalam pengajaran Aqidah Akhlak di Madrasah lbtidaiyah Ihyaul Ulum Canga'an dapat menunjang perhatian siswa terpusatkan pada pelajaran yang sedang diberikan. Metode demontrasi lebih efektif dalam pengajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Canga'an dengan pembuktian dalam analisis data yang menolah hipotesis nol dan menerima hipotesis H1• ini berarti bahwa metode demontrasi sangat efektif dibanding metode lain dalam pengajaran Aqidah Akhlak di Madrasah lbtidaiyah Ihyaul Ulum Canga'an.