Pengelolaan Pendidikan karakter pada anak usia dini di Raudlatul Athfal Masyitoh Jabaran Sidoarjo
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaska npengelolaan pendidikan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pencarian data, Peneliti ini menggunakan metode observasi , wawancara mendalam terhadap subyek penelitian, dan dokumentasi. Dalam analisis dan intepretasi data, Peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data Peneliti menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan teknik. Dalam pengelolaan pendidikan karakter dilakukan melalui proses: a) Perencanaan dengan memasukkan 18 nilai karakter dan pembuatan RKH sesuai dengan RKM dan mengacu pada indicator yang ada. b) Pengorganisasian di lembaga tersebut tidak ada organisasi khusus yang menangani pendidikan karakter, semua pendidik dan kepala sekolah ikut berperan dan bertanggung jawab dalam penerapan pendidikan karakter. c)Pelaksanaan pembelajaran yang mencakup dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan terprogram, kegiatan rutin, pembiasaan, spontan, keteladanan. d) Penilaian dengan menggunakan observasi, catatan anecdotal, portofolio, dan penilaian perodik.