Penggunaan strategi permainan Perebutan Benteng untuk meningkatkan keterampilan menyimak mufrodat dalam materi A'da' al-Usrah mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MI Al Karimah Surabaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menyimak mufrodat yang disebabkan oleh kurang siapnya siswa dalam melakukan kegiatan menyimak dan kurang fokusnya siswa dalam pembelajaran menyimak karna siswa lebih terfokus dengan mainan yang mereka bawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana tingkatan keterampilan menyimak mufrodat siswa kelas III MI Al karimah Surabaya? 2). Bagaimana penggunaan strategi permainan perebutan benteng dalam pembelajaran bahasa Arab materi A'd}o>u al-Usroti (Anggota Keluarga) di kelas III MI Al Karimah Surabaya? 3). Bagaimana peningkatan keterampilan menyimak mufrodat dengan menggunakan strategi permainan perebutan benteng pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas III MI Al Karimah Surabaya? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua Siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes dan non tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1). keterampilan menyimak mufrodat siswa sangat perlu untuk dilakukan peningkatan dibuktikan dari prosentase siswa mencapai KKM sebesar 17,86, dan 82,14% siswa belum mampu mencapai KKM. (2). Penerapan permainan perebutan benteng untuk meningkatkan keterampilan menyimak mufrodat dalam materi A'd}o>u al-Usroti pelajaran bahasa Arab kelas III MI Al Karimah Surabaya berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 84,38% dan dinyatakan dalam predikat baik (B), dan meningkat pada siklus II dengan prosentase sebesar 93,75% dan dinyatakan dengan predikat sangat baik (SB). Dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76,66% dan dinyatakan dengan predikat cukup (C), dan meningkat pada siklus II dengan hasil prosentase sebesar 86,66 dan dinyatakan dengan predikat sangat baik (SB). 3). peningkatan keterampilan menyimak mufrodat dengan menggunakan strategi permainan perebutan benteng pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas III MI Al Karimah Surabaya. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,77 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 64,8% dan dinyatakan dengan predikat cukup (C), kemudian nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus II yakni sebesar 81,20 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 82,14% dan dinyatakan dalam predikat baik (B).