ctrlnum 16643
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/</relation><title>Peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA melalui strategi identitas korporat siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo</title><creator>Sholikha, Annisatul</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Strategi Belajar Mengajar</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo pada materi Penggolongan Hewan mata pelajaran IPA. Guru yang masih menggunakan strategi konvensional yakni pembelajaran bepusat pada guru sehingga pemahaman siswa kurang dikarenakan selama pembelajaran siswa kurang aktif. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan inovasi strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi penggolongan hewan mata pelajaran IPA, yaitu strategi Identitas Korporat. Rumusan masalah yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi Identitas Korporat pada materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo setelah diterapkan strategi Identitas Korporat?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi Identitas Korporat pada materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo setelah diterapkan strategi Identitas Korporat. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap pada tiap siklusnya, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi Identitas Korporat pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh 67,65 (tidak baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,29 (baik). Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 65,38 (tidak baik) dan pada siklus II memperoleh 86,53 (sangat baik). (2) Adanya peningkatan pemahaman siswa terbukti dari nilai rata-rata siswa pada siklus I mendapat 78,36 (baik) dan pada siklus II 83,09 (sangat baik). Ketuntasan pemahaman siswa pada siklus I adalah 54,54% (cukup) sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,81% (baik)</description><date>2017-05-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/9/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/43/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/44/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/45/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/46/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/47/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16643/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Sholikha, Annisatul (2017) Peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA melalui strategi identitas korporat siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>16643</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sholikha, Annisatul
title Peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA melalui strategi identitas korporat siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo
publishDate 2017
topic Pendidikan
Strategi Belajar Mengajar
Pembelajaran
url http://digilib.uinsby.ac.id/16643/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/9/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/43/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/44/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/45/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/46/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/47/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16643/
contents Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo pada materi Penggolongan Hewan mata pelajaran IPA. Guru yang masih menggunakan strategi konvensional yakni pembelajaran bepusat pada guru sehingga pemahaman siswa kurang dikarenakan selama pembelajaran siswa kurang aktif. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan inovasi strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi penggolongan hewan mata pelajaran IPA, yaitu strategi Identitas Korporat. Rumusan masalah yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi Identitas Korporat pada materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo setelah diterapkan strategi Identitas Korporat?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi Identitas Korporat pada materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo setelah diterapkan strategi Identitas Korporat. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap pada tiap siklusnya, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi Identitas Korporat pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh 67,65 (tidak baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,29 (baik). Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 65,38 (tidak baik) dan pada siklus II memperoleh 86,53 (sangat baik). (2) Adanya peningkatan pemahaman siswa terbukti dari nilai rata-rata siswa pada siklus I mendapat 78,36 (baik) dan pada siklus II 83,09 (sangat baik). Ketuntasan pemahaman siswa pada siklus I adalah 54,54% (cukup) sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,81% (baik)
id IOS2718.16643
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:26Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:39Z
recordtype dc
_version_ 1765778999344103424
score 17.538404