Daftar Isi:
  • Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan berbicara siswa-siswi pada mata pelajaran bahasa Arab. Diantara problem-problem yang menyebabkan kemampuan berbicara siswa-siswi lemah antara lain: pada realitanya mereka telah mempunyai banyak mufrodat yang sangat membantu mereka untuk berbicara, akan tetapi dalam praktiknya mereka takut salah dalam mengucapkanya, dan mereka lemah dalam menggunakan lahjah dan juga kurang percaya diri, serta kurang latihan dalam keseharian. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kemampuan maharoh kalam siswa penulis menggunakan strategi baru yaitu Reka Cerita Gambar. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1.Bagaimana Pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas X MAN Lamongan dengan menggunakan Strategi Reka Cerita Gambar?, 2.Bagaimana Peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas X MAN Lamongan dengan menggunakan Strategi Reka Cerita Gambar?, Bagaimana efektifitas Strategi Reka Cerita Gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas x MAN Lamongan?. Dalam permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan uji T dan prosentase. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes dan analisis data. Hasil pembelajaran melatih keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN Lamongan dengan menggunakan Strategi Reka Cerita Gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara, hal ini bisa kita lihat dari nilai yang diperoleh siswa dari sebelum penerapan “penggunaan Strategi Reka Cerita Gmbar dengan rata-rata nilai 72% dan sesudah penggunaan Strategi Reka Cerita Gmbar dengan rata-rata nilai 87% tentunya dengan beberapa aspek penilaian diantaranya adalah Kefashihan, kelancaran, dan lahjah.