فعالية تطبيق لعبة "ثلاثة أحرف أساسية لترقية مهارة الكتابة في الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية منبع الصالحين سوجي مايار - قرسيك

Main Author: Rofiqoh, Nur Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/16583/2/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/1/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/54/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/7/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16583/
Daftar Isi:
  • Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan menulis siswa-siswi pada mata pelajaran bahasa Arab. Terdapat banyak siswa yang tidak suka belajar menulis dalam pembelajaran bahasa Arab. Karena mereka merasa bosan dengan pembelajaran menulis. Dan sebagian dari mereka berpendapat bahwa menulis adalah keterampilan yang paling sulit. Mereka merasa kesulitan dalam menentukan judul dan memilih kata yang sesuai untuk disusun menjadi kalimat yang baik dan benar dalam menulis. Karena itu peneliti ingin menerapkan permainan “Tiga Huruf Modal” untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka. Dan disini peneliti ingin membahas efektifitas penerapan permainan “Tiga Huruf Modal” untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII/P di MTs. Mamba’us Sholihin Suci – Manyar –Gresik, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan menulis siswa kelas VII/P MTs. Mamba’us Sholihin Suci? 2) Bagaimana penerapan permainan “Tiga Huruf Modal” dalam meningkatkan keterampilan menulis terhadap siswa kelas VII/P MTs. Mamba’us Sholihin Suci? 3) bagaimana efektifitas penerapan permainan “Tiga Huruf Modal” dalam meningkatkan kemampuan menulis terhadap siswa kelas VII/P MTs. Mamba’us Sholihin Suci?. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan One Design Group, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumen, 4) Angket, 5) Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Permainan Tiga Huruf Modal terbukti efektif. Hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus T Test yang menunjukkan bahwa T Hitung (25,01) lebih besar dari T Tabel (2,72 dan 2,03) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan permainan Tiga Huruf Modal efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswi kelas VII (P) MTs. Mamba’us Sholihin Suci – Manyar – Gresik.