Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler Muhadharah dalam pembentukan rasa percaya diri peserta didik MA Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo
Daftar Isi:
- Dalam melakukan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi atau pengamatan di lapangan, penulis berperan sebagai pengamat. Selain sebagai pengamat penulis juga melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara langsung dengan informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang dibutuhkan peneliti, diantara informan yang peneliti wawancarai adalah kepala sekolah, pembimbing ekstrakurikuler muhadharah, pengurus ekstrakurikuler muhadharah dan peserta ekstrakurikuler muhadahrah Rumusan masalah dalam skripsi ini tentang bagaiamana pelaksanaan ekstrakurikuler muahadharah, bagaimana pemebentukan rasa percaya diri peserta didik MA Fadllillah dan bagaimana efektivitas kegiatan ekstrakurikuler muhadharah dalam membentuk rasa percaya diri peserta didik MA Fadllillah. Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan ekstrakurikuler muhadahrah berjalan dengan baik. Untuk pembentukan rasa percaya diri menggunakan pembiasaan latihan pidato, model peran, dukungan dan imbalan. ekstrakurikuler muhadharah ini efektif untuk membentuk rasa percaya diri peserta didik MA Fadllillah.hal ini dibuktikan dari hasil analisis data yang menyatakan bahwa semakin sering peserta didik mengikuti ekstrakurikuler muhadharah maka terbentuk rasa percaya dirinya Dengan demikian ekstrakurikuler muhadharah ini layak untuk terus dilanjutkan atau dikembangkan seiring dengan dilakukan pengembangan-pengembangan guna untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Kesimpulan tersebut ditarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler muhadharah efektif untuk membentuk rasa percaya diri peserta didik dan sangat bermanfaat untuk madrasah dan peserta didik yang bersangkutan.