Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar materi Fiqih Kelas X di MAN Surabaya.Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Implementasi Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual) sebagai variabel X dan Hasil Belajar materi Fiqih Kelas X di MAN Surabaya adalah variabel Y. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual)dalam Meningkatkan Hasil Belajar materi Fiqih siswa baik. Hal tersebut didasarkan kepada hasil observasi, wawancara, dan angket yang mencapai prosentase 68,37% yang tergolong kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan dengan teknik analisis uji-t,diperoleh hasil t-hitung > t-tabel (14.468 > 2,021) dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolakdan Ha diterima yang berarti bahwa ada korelasi antara variabel x da y.