Penerapan Metode Pair Check Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Organisasi Pemerintahan Pusat Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Huda Leran Gresik
Daftar Isi:
- Dalam penelitia ini, peneliti menemukan permasalahan di MI Nurul Huda Leran Gresik yaitu dalam pemahaman siswa materi organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn. Siswa kurang dalam pemahaman dikeranakan guru selama ini yang cenderung hanya menggunakan metode ceramah saja. Dengan adanya permasalah tersebut maka diperlukan inovasi untuk meningkatkan pemahaman materi organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Pair Check. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pair check dalam rangka meningkatkan pemahaman materi organiasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Leran Gresik? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi organisasi pemerintahan pusat setelah diterapkannya metode pair check pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Leran Gresik?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode pair check dalam meningkatkan pemahaman materi organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Leran Gresik. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn setelah diterapkannya metode pair check pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Leran Gresik. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari 4 tahap diantaranya yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penggunaan metode Pair Check dalam meningkatan pemahaman materi organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Leran Gresik sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh prosentase 81% (baik) dan siklus II memperoleh 90,6% (sangat baik). Sedangkan untuk hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh prosentase 75% (kurang) dan pada siklus II memperoleh 90,% (sangat baik). 2) bahwa ada peningkatan pemahaman materi organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn terbukti rata-rata siklus I yaitu 73,6% (kurang) dengan prosentase 57% (kurang) dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 82,8% (sangat baik) dengan prosentase ketuntasan yaitu 88,4% (sangat baik).