ctrlnum 16375
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/</relation><title>Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Arab materi al-Mihnah melalui metode practice-rehearsal pairs pada siswa kelas iv MI Mumuhammadiyah 23 surabaya</title><creator>ilmi, maslamatul</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keterampilan berbicara siswa mata pelajaran bahasa Arab, yang disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam menerapkan metode pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara siswa. Dari 16 siswa hanya 8 siswa atau 50% yang tuntas, sedangkan 8 siswa atau (50%) siswa belum tuntas. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, peneliti menggunakan metode Practice-Rehearsal Pairs. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan metode Practice-Rehearsal Pairs dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Arab materi al-Mihnah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya, 2) mengetahui peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Arab materi al-Mihnah melalui metode Practice-Rehearsal Pairs siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya.&#xD; Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja (Performance), dan dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode Practice-Rehearsal Pairs pada mata pelajaran bahasa Arab dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I hasil observasi siswa belum tercapai yaitu 71,15 (cukup), dan hasil observasi guru sudah tercapai yaitu 81,48 (baik). Pada siklus II hasil observasi siswa meningkat menjadi 86,53 (baik), dan hasil aktivitas guru meningkat menjadi 91,66 (sangat baik), 2) peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-Mihnah melalui metode Practice-Rehearsal Pairs telah mampu meningkatkan berbicara siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 67,69 (cukup), dan siklus II menjadi 81,21 (baik). Peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh persentase 75% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% (sangat baik). Saran pada penelitian ini yaitu guru dan pihak sekolah harus lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan inovasi metode pembelajaran agar siswa turut aktif dan tidak mudah bosan pada saat kegiatan pembelajaran dan pihak sekolah juga harus menfasilitasi guru dalam menerapkan metode-metode pembelajaran.</description><date>2017-04-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/16375/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> ilmi, maslamatul (2017) Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Arab materi al-Mihnah melalui metode practice-rehearsal pairs pada siswa kelas iv MI Mumuhammadiyah 23 surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>16375</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ilmi, maslamatul
title Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Arab materi al-Mihnah melalui metode practice-rehearsal pairs pada siswa kelas iv MI Mumuhammadiyah 23 surabaya
publishDate 2017
topic Pendidikan
Metode
url http://digilib.uinsby.ac.id/16375/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/16375/
contents Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keterampilan berbicara siswa mata pelajaran bahasa Arab, yang disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam menerapkan metode pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara siswa. Dari 16 siswa hanya 8 siswa atau 50% yang tuntas, sedangkan 8 siswa atau (50%) siswa belum tuntas. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, peneliti menggunakan metode Practice-Rehearsal Pairs. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan metode Practice-Rehearsal Pairs dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Arab materi al-Mihnah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya, 2) mengetahui peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Arab materi al-Mihnah melalui metode Practice-Rehearsal Pairs siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja (Performance), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode Practice-Rehearsal Pairs pada mata pelajaran bahasa Arab dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I hasil observasi siswa belum tercapai yaitu 71,15 (cukup), dan hasil observasi guru sudah tercapai yaitu 81,48 (baik). Pada siklus II hasil observasi siswa meningkat menjadi 86,53 (baik), dan hasil aktivitas guru meningkat menjadi 91,66 (sangat baik), 2) peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-Mihnah melalui metode Practice-Rehearsal Pairs telah mampu meningkatkan berbicara siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 67,69 (cukup), dan siklus II menjadi 81,21 (baik). Peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh persentase 75% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% (sangat baik). Saran pada penelitian ini yaitu guru dan pihak sekolah harus lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan inovasi metode pembelajaran agar siswa turut aktif dan tidak mudah bosan pada saat kegiatan pembelajaran dan pihak sekolah juga harus menfasilitasi guru dalam menerapkan metode-metode pembelajaran.
id IOS2718.16375
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:18Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:32Z
recordtype dc
_version_ 1765779000106418176
score 17.538404