Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca Al Qur’an siswa berdasarkan latar belakang Pendidikan Dasar mereka serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar PAI mereka di SMPN 5 Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan kemampuan membaca Al Qur’an siswa variable sebab dan prestasi belajar PAI variable akibat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan membaca Al Qur’an siswa di SMPN 5 Sidoarjo berdasarkan latar belakang pendidikan dasarnya memiliki perbedaan serta memiliki pengaruh pula terhadap prestasi belajar PAI mereka. Hal tersebut didasarkan kepada hasil observasi, wawancara, dan daftar nilai mereka yang menunjukkan pengaruh kemampuan membaca Qur’an terhadap prestasi belajar PAI dengan signifikansi 0,04 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan dengan signifikansi 0,036 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan antara kemampuan membaca Al Qur’an siswa yang berasal dari SD dan dari MI serta ada pengaruh terhadap prestasi belajar PAI di SMPN 5 Sidoarjo