Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaanmedia pembelajaran film, terhadap pemahaman siswa, dan Pengaruh Media Pembelajaran Film Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Mamba’ul Ulum Awang-Awang Mojosari Mojokerto. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Media Pembelajaran Film sebagai variabel X dan pemahaman Siswa Kelas XI sebagai variabel Y. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh media pembelajaran film terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Mamba’ul Ulum Awang-Awang Mojosari Mojokertotergolong baik. Hal tersebut didasarkan kepada hasil observasi, dan angket yang mencapai prosentase 75% dan 74% yang tergolong kedalam kategori sangat baik dan baik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan dengan teknik analisis statistic uji-t sampelberbasangan (pairet – sampel T-test), diperolehhasilt-hitung > t-tabel (16,451 > 2.026), dansignifikansi 0,05, maka H0ditolakdan Ha diterima yang berarti bahwa adapengaruh penggunaan media film terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Mamba’ul Ulum Awang-Awang Mojosari Mojokerto.