Pengaruh syariah brand personality terhadap minat nasabah menggunakan jasa perbankkan syariah dengan trust sebagai variabel intervening dan tingkat religiusitas sebagai variabel moderator: studi pada BPRS Jabal Nur Surabaya
Daftar Isi:
- Suatu merek atau brand memiliki kepribadian layaknya manusia yang dikenal dengan konsep brand personality, begitu pula dalam kaitannya dengan label Syariah pada perbankan syariah. Dalam memunculkan minat nasabah, brand Syariah pada perbankan syariah perlu menyediakan sejumlah besar manfaat yang dapat diperoleh nasabah darinya, serta memiliki tingkat kepercayaan (trust) yang tinggi dari nasabah. Tingkat religiusitas nasabah memiliki peran penting dalam kecenderungan dan kemungkinan minat yang tinggi untuk memilih lembaga perbankan dengan label syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh syariah brand personality terhadap trust, syariah brand personality terhadap minat nasabah menggunakan jasa perbankan syariah, trust terhadap minat nasabah, syariah brand personality terhadap minat nasabah dengan trust sebagai variabel intervening, syariah brand personality terhadap trust dengan tingkat religiusitas nasabah sebagai variabel moderator, dan syariah brand personality terhadap minat nasabah dengan tingkat religiusitas sebagai variabel moderator. Pada penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh daripada brand personality terhadap minat nasabah dalam menggunakan jasa perbankan dengan trust sebagai variabel intervening dan tingkat religiusitas sebagai variabel moderator pada PT. BPRS Jabal Nur Surabaya. Prosedur penarikan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampling nonprobabilitas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan aplikasi PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand personality berpengaruh secara signifikan terhadap trust, namun tidak signifikan terhadap minat nasabah, dan tidak signifikan berpengaruh secara tidak langsung melalui trust sebagai variabel intervening serta pengaruh moderasi dari tingkat religiusitas tidak signifikan berpengaruh terhadap pengaruh brand personality terhadap trust dan minat nasabah di PT. BPRS Jabal Nur Surabaya