Strategi public relations PT. Pertamina (Persero) dalam mempertahankan loyalitas pelanggan: studi di unit pemasaran BBM Retail Region V Jatim Balinus
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat fokus tentang bagaimana Strategi Public Relition PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran BBM Retail Region V Jatim Balinus dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Dengan menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif, dan teknik analisis data model interaktif. Hasil pengumpulan data di lapangan ditemukan bahwa strategi public relations PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran BBM Retail Region V Jatim Balinus dalam mempertahankan loyaltas pelanggan adalah: 1. melakukan identifikasi terhadap kebutuhan publik internal dan eksternal PT. Pertamina (Persero) yang dilihat dari berbagai faktor menjadi dasar dalam pengumpulan informasi dan menyusun suatu strategi. 2. Komunikasi dan sosialisasi yang dilakukan public relation PT. Pertamina (Persero) terkait promosi, undian maupun event-event dilakukan dengan bantuan media. 3. penguatan terhadap corporate image guna meningkatkan kesetiaan atau loyalitas dari pelanggan.