ctrlnum 15730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/</relation><title>PENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PKn MATERI SEJARAH SUMPAH PEMUDA MELALUI METODE CONCEPT MAPPING SISWA KELAS III MI AL-KARIMI DUKUN GRESIK</title><creator>Qonita, Farda</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman mata pelajaran PKn materi sejarah Sumpah Pemuda pada siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik. Hal ini dikarenakan alokasi waktu dihabiskan untuk menyampaikan materi pelajaran tanpa memperhatikan kondisi siswa, pembelajaran cenderung verbalistic, dan proses pembelajaran berlangsung kurang bervariasi/monoton. Padahal pada materi sejarah Sumpah Pemuda membutuhkan pemahaman yang maksimal, oleh karena itu diterapkannya metode Concept Mapping. Di mana siswa dituntut untuk menyusun suatu konsep dan mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan sebuah kata sehingga akan saling berkaitan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode Concept Mapping dalam meningkatkan pemahaman sejarah Sumpah Pemuda pada mata pelajaran PKn siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik, (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman sejarah Sumpah Pemuda pada mata pelajaran PKn melalui metode Concept Mapping siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Concept Mapping pada materi sejarah Sumpah Pemuda pada siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 75 meningkat menjadi 94,4 pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 78,57 meningkat menjadi 92,9 pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sejarah Sumpah Pemuda. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 76,35 menjadi 82,29 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 67,56% menjadi 89,18% pada siklus II dengan katagori baik.</description><date>2017-02-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/6/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/5/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/9/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/7/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15730/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Qonita, Farda (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PKn MATERI SEJARAH SUMPAH PEMUDA MELALUI METODE CONCEPT MAPPING SISWA KELAS III MI AL-KARIMI DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>15730</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Qonita, Farda
title PENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PKn MATERI SEJARAH SUMPAH PEMUDA MELALUI METODE CONCEPT MAPPING SISWA KELAS III MI AL-KARIMI DUKUN GRESIK
publishDate 2017
topic Pendidikan Dasar
url http://digilib.uinsby.ac.id/15730/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/6/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/5/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/9/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/7/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15730/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman mata pelajaran PKn materi sejarah Sumpah Pemuda pada siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik. Hal ini dikarenakan alokasi waktu dihabiskan untuk menyampaikan materi pelajaran tanpa memperhatikan kondisi siswa, pembelajaran cenderung verbalistic, dan proses pembelajaran berlangsung kurang bervariasi/monoton. Padahal pada materi sejarah Sumpah Pemuda membutuhkan pemahaman yang maksimal, oleh karena itu diterapkannya metode Concept Mapping. Di mana siswa dituntut untuk menyusun suatu konsep dan mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan sebuah kata sehingga akan saling berkaitan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode Concept Mapping dalam meningkatkan pemahaman sejarah Sumpah Pemuda pada mata pelajaran PKn siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik, (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman sejarah Sumpah Pemuda pada mata pelajaran PKn melalui metode Concept Mapping siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Concept Mapping pada materi sejarah Sumpah Pemuda pada siswa kelas III MI Al-Karimi Dukun Gresik dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 75 meningkat menjadi 94,4 pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 78,57 meningkat menjadi 92,9 pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sejarah Sumpah Pemuda. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 76,35 menjadi 82,29 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 67,56% menjadi 89,18% pada siklus II dengan katagori baik.
id IOS2718.15730
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:05Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:07Z
recordtype dc
_version_ 1765779002173161472
score 17.538404