ctrlnum 15718
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PLANTED QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MINU DURUNGBEDUG CANDI SIDOARJO</title><creator>Zakiyah, Lailatus</creator><subject>Strategi Belajar Mengajar</subject><description>Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan rendahnya minat belajar siswa kelas V di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena guru tidak pernah menggunakan strategi pembelajaran yang menarik. Dalam menyampaikan pembelajaran dikelas guru hanya menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan saja, akan tetapi ketika ditanya kebanyakan siswa tidak bisa menjawab dan begitu juga sebaliknya jika siswa disuruh bertanya tidak ada yang bertanya.Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi planted question pada mata pelajaran IPA kelas V di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MINU Durungbedug Candi Sidoarjo dengan menggunakan strategi planted question. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MINU Durungbedug Candi Sidoarjo dengan jumlah 25 siswa dengan jumlah 14 siswi dan 11 siswa. Pada penelitian ini peneliti membahas mengenai penerapan strategi planted question dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan materi daur air.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Pada penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, pengisian angket dan dokumentasi. Kemudian dari data-data yang telah diperoleh tersebut akan dianalisis untuk mengetahui hasilnya.Dari data penelitian yang ada, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi planted question pada pembelajaran IPA di kelas V dengan materi daur air dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan persentase skor 75% dan pada siklus II dengan persentase skor 85%. Selain itu juga peningkatan dapat ditunjukkan pada aktivitas mengajar guru di siklus I dengan persentase skor 82% dan pada siklus II dengan persentase skor 86%. Penerapan strategi pembelajaran planted question ternyata mampu meningkatkan minat belajar siswa dengan persentase 40% dengan kriteria rendah pada saat pra siklus dan siklus I menjadi 64% dengan kriteria sedang selanjutnya di siklus II menjadi 80% dengan kriteria tinggi.</description><date>2017-02-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/2/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/9/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/4/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/52/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/53/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/54/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/55/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/56/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15718/6/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Zakiyah, Lailatus (2017) PENERAPAN STRATEGI PLANTED QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MINU DURUNGBEDUG CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>15718</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zakiyah, Lailatus
title PENERAPAN STRATEGI PLANTED QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MINU DURUNGBEDUG CANDI SIDOARJO
publishDate 2017
topic Strategi Belajar Mengajar
url http://digilib.uinsby.ac.id/15718/2/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/9/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/4/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/52/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/53/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/54/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/55/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/56/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/6/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15718/
contents Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan rendahnya minat belajar siswa kelas V di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena guru tidak pernah menggunakan strategi pembelajaran yang menarik. Dalam menyampaikan pembelajaran dikelas guru hanya menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan saja, akan tetapi ketika ditanya kebanyakan siswa tidak bisa menjawab dan begitu juga sebaliknya jika siswa disuruh bertanya tidak ada yang bertanya.Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi planted question pada mata pelajaran IPA kelas V di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MINU Durungbedug Candi Sidoarjo dengan menggunakan strategi planted question. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MINU Durungbedug Candi Sidoarjo dengan jumlah 25 siswa dengan jumlah 14 siswi dan 11 siswa. Pada penelitian ini peneliti membahas mengenai penerapan strategi planted question dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan materi daur air.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Pada penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, pengisian angket dan dokumentasi. Kemudian dari data-data yang telah diperoleh tersebut akan dianalisis untuk mengetahui hasilnya.Dari data penelitian yang ada, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi planted question pada pembelajaran IPA di kelas V dengan materi daur air dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan persentase skor 75% dan pada siklus II dengan persentase skor 85%. Selain itu juga peningkatan dapat ditunjukkan pada aktivitas mengajar guru di siklus I dengan persentase skor 82% dan pada siklus II dengan persentase skor 86%. Penerapan strategi pembelajaran planted question ternyata mampu meningkatkan minat belajar siswa dengan persentase 40% dengan kriteria rendah pada saat pra siklus dan siklus I menjadi 64% dengan kriteria sedang selanjutnya di siklus II menjadi 80% dengan kriteria tinggi.
id IOS2718.15718
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:05Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:07Z
recordtype dc
_version_ 1765779002443694080
score 17.538404