Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang nilai-nilai pendidikan islam dalam syair tanpo waton karya KH. Muhammad Nizam Asshoffa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan studi pustaka, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisi isi.Secara umum pendidikan islam berarti sarana penyebaran nilai-nilai agama yang menjadi medium bagi terjadinya transformasi nilai-nilai dan ilmu pengetahuan yang berfungsi sebagai pencetus corak kebudayaan dan peradaban manusia.Nilai-nilai pendidikan islam adalah konsepsi abstrak yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam hidup, yang memberi makna dan pengabsahan pada tindakan seseorang tentang apa yang baik, benar, bijaksana, dan yang berguna sehingga berkembang seluruh potensi yang ada serta tidak menolak ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dalam masyarakat. Karena pendidikan agama senantiasa bersentuhan dengan pengetahuan dan teknologi yang ada. Namun itu harus senantiasa diimbangi dengan usaha untuk menjunjung tinggi nilai, harkat dan moralitas kemanusiaan, mengingat ajaran islam sebagai agama kemanusiaan.Setealah data dianalisis oleh peneliti, dapat disimpulkan nilai-nilai pendidikan islam dalam syair tanpo waton, terdiri dari: (1) Nilai Aqidah, meliputi: Iman kepada Allah, Kitab-kitab-Nya, Rasul-Nya, dan Hari Akhir. (2) Nilai Ibadah meliputi: pentinnya Memahami ilmu agama dan mengamalkannya, Gemar berdzikir, suluk, dan membaca Al-Qur’an (3) Nilai Akhlak meliputi: Senang bersyukur, belajar/mengaji, toleransi, kesabaran dan kepasrahan, tidak cinta dunia, tidak keras hati dan ceroboh, tidak hasud dan sombong.