Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep dan implementasi Kepemimpinan Profetik beserta dengan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Secara konsep, Kepemimpinan Profetik ini terdiri dari beberapa nilai dan kriteria tersendiri sebagai ciri dari praktek Kepemimpinan dengan paradigma Profetik. Adapun hasil penelitian dari implementasi Kepemimpinan Profetik di Madrasah ini terlihat dari pribadi Pemimpin yang memiliki sisi spiritual individual dan hasil kebijakan serta keputusan yang dibuat. Secara garis besar, kebijakan tersebut didasarkan pada al Qur’an dan Hadis. Titik nilai dari implementasi Kepemimpinan Profetik adalah 4 sifat Nabi yang telah diimplementasikan di Madrasah ini baik secara sistem maupun kebijakan. Sedangkan kriteria Kepemimpinan Profetik juga secara garis besar telah dimiliki oleh Pemimpin. Meskipun ada beberapa sisi yang masih menjadi kekurangan. Implementasi Dalam implementasinya, tentu terdapat factor pendukung dan penghambat yang memicu. Secara garis besar factor yang menjadi pendukung antara lain karena status Madrasah yang bukan berbasis Pendidikan Negeri, kurikulum, serta letak geografis Madrasah yang berdiri di tengah beberapa Pesantren. Adapun factor penghambatnya antara lain adalah karena beberapa tuntutan Standar Pendidikan Nasional yang terkadang tidak sesuai dengan kultur Madrasah. Kata Kunci : Kepemimpinan, Profetik, Kepemimpinan Profetik