ctrlnum 15550
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/</relation><title>FA'ALIYAH TATHBIQ AL THARIQAH PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRO&#x2019;AH LI THULAB AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH AL MUTAWASITOH AL MANSHUR CANDI SIDOARJO</title><creator>Djazuli, Muhammad Dzikruddin</creator><subject>Bahasa Arab</subject><description>Bahasa arab sebagai bahasa kedua merupakan bahasa yang dicukup sulit dipelajari menurut sebagian besar orang, sehingga untuk mempelajarinya dibutuhkan adanya suat metode yang sesuai dengan obyeknya. Sebagaimana secara umum terbagi menjadi empat ketrampilan ; ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca, dan ketrampilan menulis. Tidak heran bila berbagai macam problem datang bermunculan dalam mempelajari bahasa Arab, baik dari istima&#x2019;, kalam, qira&#x2019;ah, dan kitabah, bahkan metode yang salahpun bisa menjadi problem dalam mempelajari bahasa arab. salah satu menyelesaikan problem ini adalah dengan metode. Metode mampu untuk memberikan proses pembelajaran dan fasilitas kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti Metode PQ4R. Metode ini bisa digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Arab yang lebih kreatif dan sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efesien. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui Efektifitas Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecakapan peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo dalam ketrampilan membaca, 2) Bagaimana penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo, 3) Bagaimana efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca adalah menggunakan rumus paired simple test dan untuk memperoleh sampel dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode PQ4R terbukti efektif, hal ini bisa dilihat dari dari analisis yang dilakukan peneliti menujukkan bahwa Thitung (9.309) &gt; Ttabel (2.045) dengan tingkat signifikansi (2-Tailed) 0.000 &lt; 0,005. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan Metode PQ4R efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo.</description><date>2017-02-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/55/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15550/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Djazuli, Muhammad Dzikruddin (2017) FA'ALIYAH TATHBIQ AL THARIQAH PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRO&#x2019;AH LI THULAB AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH AL MUTAWASITOH AL MANSHUR CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>15550</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Djazuli, Muhammad Dzikruddin
title FA'ALIYAH TATHBIQ AL THARIQAH PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRO’AH LI THULAB AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH AL MUTAWASITOH AL MANSHUR CANDI SIDOARJO
publishDate 2017
topic Bahasa Arab
url http://digilib.uinsby.ac.id/15550/55/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15550/
contents Bahasa arab sebagai bahasa kedua merupakan bahasa yang dicukup sulit dipelajari menurut sebagian besar orang, sehingga untuk mempelajarinya dibutuhkan adanya suat metode yang sesuai dengan obyeknya. Sebagaimana secara umum terbagi menjadi empat ketrampilan ; ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca, dan ketrampilan menulis. Tidak heran bila berbagai macam problem datang bermunculan dalam mempelajari bahasa Arab, baik dari istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah, bahkan metode yang salahpun bisa menjadi problem dalam mempelajari bahasa arab. salah satu menyelesaikan problem ini adalah dengan metode. Metode mampu untuk memberikan proses pembelajaran dan fasilitas kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti Metode PQ4R. Metode ini bisa digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Arab yang lebih kreatif dan sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efesien. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui Efektifitas Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecakapan peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo dalam ketrampilan membaca, 2) Bagaimana penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo, 3) Bagaimana efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca adalah menggunakan rumus paired simple test dan untuk memperoleh sampel dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode PQ4R terbukti efektif, hal ini bisa dilihat dari dari analisis yang dilakukan peneliti menujukkan bahwa Thitung (9.309) > Ttabel (2.045) dengan tingkat signifikansi (2-Tailed) 0.000 < 0,005. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan Metode PQ4R efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo.
id IOS2718.15550
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:01Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765779003075985408
score 17.538404