ctrlnum 15543
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/</relation><title>PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI ISRA&#x2019; MIRAJ NABI MUHAMMAD PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MODEL COURSE REVIEW HOREY KELAS IV DI MINU NGINGAS WARU SIDOARJO</title><creator>Rohmah, Nahdiyatul</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas IV MINU Ngingas Waru pada materi Isra&#x2019; Miraj Nabi Muhammad pelajaran sejarah kebudayaaan islam. Guru yang masih menggunakan model lama yakni ceramah, sehingga pemahaman siswa kurang dikarenakan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Maka perlu diterapkannya model yang inovasi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Isra&#x2019; Miraj Nabi Muhammad mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, salah satunya yakni model course review horey.Rumusan masalah yang diambil penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model course review horey dalam rangka meningkatkan pemahaman materi Isra&#x2019; Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MINU Ngingas Waru? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi Isra&#x2019; Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya model course review horey di kelas IV MINU Ngingas Waru? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model course review horey dalam rangka meningkatkan pemahaman pada materi Isra&#x2019;Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MINU Ngingas Waru.(2)Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Isra&#x2019; Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya model course review horey di kelas IV MINU Ngingas Waru.Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan,(2)Pelaksanaan,(3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model course review horey pada siswa kelas IV MINU Ngingas Waru telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh 80%, peningkatan terjadi pada siklus II memperoleh 92,1%. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 75% dan pada siklus II memperoleh 90,9%. (2) adanya peningkatan pemahaman siswa terbukti dari nilai rata &#x2013; rata siswa pada siklus I 74,1 dan siklus II 82,8. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapatkan 67,5% yang artinya cukup sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni 89,1% yang artinya baik.</description><date>2017-02-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15543/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Rohmah, Nahdiyatul (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI ISRA&#x2019; MIRAJ NABI MUHAMMAD PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MODEL COURSE REVIEW HOREY KELAS IV DI MINU NGINGAS WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>15543</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rohmah, Nahdiyatul
title PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI ISRA’ MIRAJ NABI MUHAMMAD PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MODEL COURSE REVIEW HOREY KELAS IV DI MINU NGINGAS WARU SIDOARJO
publishDate 2017
topic Pendidikan
Pendidikan Dasar
url http://digilib.uinsby.ac.id/15543/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15543/
contents Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas IV MINU Ngingas Waru pada materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pelajaran sejarah kebudayaaan islam. Guru yang masih menggunakan model lama yakni ceramah, sehingga pemahaman siswa kurang dikarenakan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Maka perlu diterapkannya model yang inovasi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, salah satunya yakni model course review horey.Rumusan masalah yang diambil penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model course review horey dalam rangka meningkatkan pemahaman materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MINU Ngingas Waru? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya model course review horey di kelas IV MINU Ngingas Waru? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model course review horey dalam rangka meningkatkan pemahaman pada materi Isra’Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MINU Ngingas Waru.(2)Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya model course review horey di kelas IV MINU Ngingas Waru.Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan,(2)Pelaksanaan,(3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model course review horey pada siswa kelas IV MINU Ngingas Waru telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh 80%, peningkatan terjadi pada siklus II memperoleh 92,1%. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 75% dan pada siklus II memperoleh 90,9%. (2) adanya peningkatan pemahaman siswa terbukti dari nilai rata – rata siswa pada siklus I 74,1 dan siklus II 82,8. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapatkan 67,5% yang artinya cukup sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni 89,1% yang artinya baik.
id IOS2718.15543
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:01Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765779003094859776
score 17.538404