Etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik
ctrlnum |
15513 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/</relation><title>Etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik</title><creator>Ningsih, Zuliana</creator><subject>Ekonomi Islam</subject><subject>Pemasaran</subject><subject>Etika</subject><subject>Koperasi</subject><description>Skripsi yang berjudul “Etika Marketer dalam Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik” ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana mekanisme etika marketer di KSPPS MUI Bungah Gresik dan bagaimana etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS MUI Bungah Gresik. Tujuan skripsi ini untuk mengetahui mekanisme etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS MUI Bungah Gresik. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil penelitian menemukan bahwa mekanisme etika marketer di KSPPS MUI Bungah Gresik melalui tahap perekrutan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap perekrutan, calon AO melaksanakan tes tulis, tes wawancara, dan mengklarifikasi perilaku calon AO kepada orang terdekat calon AO. Pada tahap pelaksanaan, AO diberikan peraturan, program etika AO yang tertera di SOP KSPPS MUI Bungah Gresik, dan didukung dengan peraturan tambahan serta poster yang ditempel didinding koperasi. Sedangkan, etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggotanya dengan memiliki kepribadian spiritual, berperilaku baik dan simpatik kepada semua anggota dan calon anggota, berlaku adil, bersikap melayani dan rendah hati, menepati janji dan tidak curang, bersikap jujur dan terpercaya terhadap produk yang ditawarkan, tidak suka berburuk sangka, dan tidak menjelek-jelekkan saingannya. Etika marketer yang dilakukan KSPPS MUI Bungah Gresik sejak tahun 2012 sampai tahun 2016 bulan Oktober meningkatkan jumlah anggota sebesar 4,5%. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat menjadi bahan masukan pada KSPPS MUI Bungah Gresik yaitu memberikan target kepada AO dalam meningkatkan jumlah anggota dan mengimbangi etika AO dengan pengetahuan ekonomi syariah.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/31/Abtrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/33/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/35/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/36/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/37/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/38/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/32/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15513/34/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Ningsih, Zuliana (2017) Etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>15513</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ningsih, Zuliana |
title |
Etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik |
publishDate |
2017 |
topic |
Ekonomi Islam Pemasaran Etika Koperasi |
url |
http://digilib.uinsby.ac.id/15513/1/Cover.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/31/Abtrak.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/33/Daftar%20Isi.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/35/Bab%201.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/36/Bab%202.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/37/Bab%203.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/38/Bab%204.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/32/Bab%205.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/34/Daftar%20Pustaka.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/15513/ |
contents |
Skripsi yang berjudul “Etika Marketer dalam Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik” ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana mekanisme etika marketer di KSPPS MUI Bungah Gresik dan bagaimana etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS MUI Bungah Gresik. Tujuan skripsi ini untuk mengetahui mekanisme etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS MUI Bungah Gresik. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil penelitian menemukan bahwa mekanisme etika marketer di KSPPS MUI Bungah Gresik melalui tahap perekrutan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap perekrutan, calon AO melaksanakan tes tulis, tes wawancara, dan mengklarifikasi perilaku calon AO kepada orang terdekat calon AO. Pada tahap pelaksanaan, AO diberikan peraturan, program etika AO yang tertera di SOP KSPPS MUI Bungah Gresik, dan didukung dengan peraturan tambahan serta poster yang ditempel didinding koperasi. Sedangkan, etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggotanya dengan memiliki kepribadian spiritual, berperilaku baik dan simpatik kepada semua anggota dan calon anggota, berlaku adil, bersikap melayani dan rendah hati, menepati janji dan tidak curang, bersikap jujur dan terpercaya terhadap produk yang ditawarkan, tidak suka berburuk sangka, dan tidak menjelek-jelekkan saingannya. Etika marketer yang dilakukan KSPPS MUI Bungah Gresik sejak tahun 2012 sampai tahun 2016 bulan Oktober meningkatkan jumlah anggota sebesar 4,5%. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat menjadi bahan masukan pada KSPPS MUI Bungah Gresik yaitu memberikan target kepada AO dalam meningkatkan jumlah anggota dan mengimbangi etika AO dengan pengetahuan ekonomi syariah. |
id |
IOS2718.15513 |
institution |
UIN Sunan Ampel Surabaya |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
285 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya |
library_id |
456 |
collection |
Koleksi Digital UIN Sunan Ampel |
repository_id |
2718 |
subject_area |
Filsafat Psikologi Teknik Kimia |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2718 |
first_indexed |
2017-11-08T23:07:57Z |
last_indexed |
2019-06-14T01:27:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765779003183988736 |
score |
17.538404 |