Daftar Isi:
  • Media pembelajaran audio (lagu) yaitu alat bantu dalam menyampaikan pesan atau bahan ajar kepada siswa secara audio yang biasanya terdapat musik yang mengiringinya sehingga dapat membangkitkan perasaan peserta didik.Dalam skripsi yang berjudul “Efektivitas Media Pembelajaran Audio (lagu) Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik” penulis menggunakan tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana penerapan media pembelajaran audio (lagu) pada mata pelajaran Akidah akhlak kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik? 2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Akidah akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio (lagu)? 3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran audio (lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik?. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran audio (lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio (lagu). 3) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran audio (lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik Untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan metode observasi dan metode angket yang kemudian di analisis denganuji statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. dari hasil analisis tersebut diperolah to>tt pada taraf signifikansi 5%, sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan adanya efektivitas media pembelajaran audio (Lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik. Pada rumusan masalah 1, 2, dan 3 dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif, dari rumusan masalah 1 diperoleh jawaban bahwa pengunaan media audio (lagu) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak adalah baik. Dalam rumusan masalah ke-2 diperoleh jawaban bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media audio (lagu). Dan pada rumusan masalah ke-3 diperoleh jawaban bahwa adanya efektivitas media pembelajaran audio (Lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik. Oleh sebab itu untuk permasalahan di atas, disarankan agar untuk mencapai prestasi belajar siswa yang lebih baik, diperlukan suatu inovasi dalam cara mengajar yang bisa dibantu atau dilengkapi dengan media lain termasuk media audio (lagu).