PENGARUH MUSHOFAHAH DAN DOA TERHADAP EMOTIONAL QUOTIENT BAGI SISWA KELAS V SD ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN (IIS PSM) MAGETAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji permasalahan tentang Adakah Mushofahah dan Doa terhadap Emotional Quotient Siswa Kelas V SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Magetan dan bagaimana tingkat signifikansinya. Hipotesisnya adalah “Adanya pengaruh mushofahah dan doa terhadap emotional quotient bagi siswa kelas V SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Magetan”. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan regresi sebagai desain penelitiannya dalam upaya mengungkap permasalahan Ada tidaknya pengaruh mushofahah dan doa terhadap emotional quotient bagi Siswa Kelas V SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Magetan dan bagaimana tingkat signifikansinya. Subyek yang digunakan adalah Siswa Kelas V SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Magetan. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui hasil observasi dan angket dalam pemberian angket peneliti memakai model skala likert. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda karena penelitian ini menggunakan dua atau lebih variabel independen, dengan persamaan Y = a + β1X1+ β2X2, dengan Y (emotional quotient), X1 (Mushofahah) dan X2 (Doa). Hasil penelitian adalah ada pengaruh positif mushofahah dan doa terhadap Emotional Quotient Siswa Kelas V SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Magetan secara simultan dan satu variabel tidak berpengaruh secara parsial. Hasil secara simultan terlihat dari perhitungan SPSS yang menunjukkan jika F hitung (10,193) > F tabel (3,25). Secara parsial dilihat dari perhitungan program SPSS yang menunjukkan jika t hitung (2,366) > t tabel (2,028) untuk mushofahah dan t hitung (1,562) < t tabel (2,028) untuk doa.