Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing melalui kunjungan perpustakaan dan lingkungan riil pada Pembelajaran Fiqh Kelas VIII di MTs Negeri Krian
Daftar Isi:
- Tesis, Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing melalui Kunjungan Perpustakaan dan Lingkungan Riil Dalam Pelajaran Fiqh di Kelas VIII di MTs Negeri Krian Oleh: Hanum Asrunnizar, NIM. F03212031 Dosen Pembimbing Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Pd.I. Konsentrasi: Pendidikan Agama Islam. Program: Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana implementasi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing melalui kunjungan perpustakaan dan lingkungan riil dalam pelajaran Fiqh di kelas VIII di MTs Negeri Krian ?. 2.Bagamana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran berbasis inkuiri melalui kunjungan perpustakaan dan lingkungan riil dalam pembelajaran Fiqh di kelas VIII di MTs Negeri Krian? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi, yang kemudian disajikan secara kualitatif deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqh kelas VIII MTsN Krian, Kepala Sekolah, dan para peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing melalui kunjungan perpustakaan dan lingkungan riil dalam pelajaran Fiqh di kelas VIII di MTs Negeri Krian sangat baik. Hal ini dikarenakan para pendidik memiliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk menerapkan beberapa metode dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, implementasi metode pembelajaran inkuiri dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang penulis paparkan. Meskipun ada beberapa poin yang masih belum terlaksana dikarenan memang dirasa belum saatnya diterapkan. Penulis juga menemukan bebrapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran inkuiri yakni: terdapatnya sarana, motivasi pendidik dan antusiasme peserta didik sebagai faktor pendukungnya. Adapun sebagai faktor penghambat adalah terlalu memakan banyak waktu dan kurangnya kompetensi pendidik.