PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA)TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pencapaian dan pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan komunikasi matematika serta tingkat self-esteem siswa sebagai akibat dari pembelajaran matematika model Means-Ends Analysis (MEA). Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Surabaya tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-b yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah, tes kemampuan komunikasi matematika dan skala self-esteem. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Analisis jalur ini digunakan untuk menguji besarnya pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien jalur pada setiap diagram jalur dari hubungan kausal antara variabel penyebab (eksogen) dengan variabel akibat (endogen). Pengolahan data hasil analisis diperoleh dengan menggunakan progam komputer Software Statistical Passage Social Science (SPSS) versi 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kemampuan pemecahan masalah terhadap self-esteem siswa sebesar 34,9% ; (2) terdapat pengaruh langsung kemampuan komunikasi matematika terhadap self-esteem siswa 34,4% ; (3) terdapat pengaruh lansung kemampuan komunikasi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 31,4% dan (4) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap self-esteem siswa melalui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 19,4%, serta koefisien residu sebesar 0,336 adalah variabel lain yang tidak diteliti yang memiliki pengaruh terhadap perubahan tingkat self-estem.