Daftar Isi:
  • Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan individu, baik sebagai makhluk individu, ethis, maupun makhluk sosial. Tiap tiap individu akan tumbuh dan berkembang, cepat atau lambat dalam lingkungan yang terus berubah di tentukan antara lain oleh kemampuan pendidik dalam memahami tujuan yang dicapai, keadaan anak didik yang dihadapi dengan latar belakangnya, sarana pendidikan, ketepatanmemilih bentuk komunikasi pendidikan dan keadaan lingkungan sehingga memungkinkan terjadinya interaksi edukatif atau tindakan yang bersifat mendidik dalam pergaulan pendidikan. Hal seperti ini akan terjadi apabila orang tua, guru, pemuka masyarakat, pemimpin organisasi pemuda atau kelompok lain yang berfungsi sebagai pendidik memahami konsep dasar tentang pendidikan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari hari. Pada pembahasan ini permasalahan yang akan dibahas 1). Bagaimana sistim pengajaran agama islam yang ada di SLTP Islam Perlaugan Berbek Waru Sidoarjo? 2). Penggunaan sistem pengajaran agama islam yang bagaimana yang dapat membawa keberhasilan? 3). Sejauh manakah keberhasilan sistem pengajaran pendidikan agama islam tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SLTP Islam Perlaungan Berbek Waru Sidoarjo? Sistem pengajaran pendidikan agama islam yang ada di SLTP Perlaungan Berbek Waru sidoarjo menggunakan pendekatan sistem. Pendekatan sistem pengajaran pendidikan agama islam yang ada di SLTP Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo dikembangkan dalam bentuk PPSI beserta satuan pelajarannya dimana pendekatan sitem tersebut berintikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sehingga dapat membawa keberhasilan dalam proses belajar mengajar pendidikan agama islam. Keberhasilan proses belajar mengajar pendidikan agama islam di SLTP Parlaungan berbek Waru Sidoarjo yang menggunakan pendekatan sistem telah memenuhi kreteria, normal atau baik pada rata rata semua kelas.