I'DAD MAWADD TA'LIM MAHARAH KALAM LI BARNAMIJ TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH AL IDHAFI AL BAHTS WA AL TATWIR MA'A AL TATBIQ ALA THALABAH AL MADRASAH AL TSANAWIYAH RAUDLATUL ULUM KLAMPIS BANGKALAN
Daftar Isi:
- Materi pembelajaran merupakan suatu perangkat yang sangat penting dan berpengaruh dalam proses pembelajaran, untuk membantu seorang guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran, maka dari itu seorang guru sebelum menyampaikan materi yang akan disampaikan harus dilihat dahulu apakah sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran atau tidak?. Kebanyakan Pelajar Indonesia merasa kesulitan dalam pembelajaran bahasa arab, Masalah yang dihadapi diantaranya materi pembelajaran yang kurang cocok. Begitu pun diekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Hal yang melatar belakangi penelitian ini, peneliti menemukan beberapa kekurangan, yang seharusnya bisa mendukung motivasi siswa di dalam pembelajaran bahasa arab di antaranya di dalam buku tersebut tidak ada latihan-latihan, tidak ada materi tentang qowa’id, tidak ada permainan-permainan yang seharusnya bisa meningkatkan motivasi siswa di dalam pembelajaran bahasa arab di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maka peneliti berusaha mengembangkan materi ajar yang sesuai yang bisa meningkatkan motivasi siswa di dalam pembelajaran bahasa arab di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan penelitian pengembangan. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengembangan materi pembelajaran di di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk siswa di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Peneliti menggunakan pre-test dan post-test. Dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapatkan siswa pre-test 66,48 dan post-test 73,79. Dan peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan anatara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan anatara pre-test dan post-test. Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar dari T-Tabel (3,321 > 2,045), maka terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test. Maka terdapat efektifitas pengembangan materi ajar dalam pengembangan kompetensi berbicara dalam pembelajaran bahasa arab di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis.