Daftar Isi:
  • Kegiatan pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Unggulan Darul Ulum Jombang masih menggunakan materi ajar yang hanya berisikan tentang budaya arab. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan saat ingin menerapkan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, siswa sebagai pembelajar bahasa asing, tentunya harus ada sebuah media atau cara untuk mendorong mereka untuk berbicara bahasa arab, namun ini belum teraplikasikan di sekolah ini. Karenanya, kajian ini ada berfokus pada pentingnya desain materi ajar untuk pembelajaran keterampilan berbicara, yang dalam hal ini akan menggukan permainan bahasa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan karakteristik meteri ajar kalam yang akan dikembangkan dan untuk menjelaskan pengembangan materi ajar. Peneliti juga menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui efektifitas materi ajar yang dikembangkan. Adapun populasi dan sampelnya adalah kelas 2 yang berjumlah 61 siswa. Sedangkan instrumen pengumpulan datanya berupa observasi, interview, tes, angket, dan manuskrip. Berikut ringkasan hasil penelitian ini : 1) karakteristik materi ajar yang dikembangkan menyajikan kemahiran berbahasa sehingga siswa mampu berbicara berbahasa arab dengan lancar. 2) Materi ajar yang dikembangkan memiliki efektifitas. Diketahui dari perbandingan antara pretes menghasilkan nilai rat rata 67,6. Sedangkan postest menghasilkan nilai rata-rata 72,2. Terbukti dari nilai t0 (21,466) lebih besar dari tt taraf signifikansi 5% sebesar 2,000.