Daftar Isi:
  • Kegiatan Pembelajaran Bahasa Rab di MA Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang masih menggunakan buku bahan ajar kurikulum 2013 Kementrian agama RI. Buku tersebut tidak dilengkapi oleh kaset yang mencakup materi istima’, pembelajaran maharah istima’ masih bercampur dengan pembelajaran maharah qiro’ah dan maharah kitabah, karena tadribat di dalamnya hanya menggunakan tes-tes isei. Dari permasalahan-permasalahan tersebut penulis ingin membuat materi ajar yang kontemporer yang berbasis teknologi sehingga mampu mengatasi masalah pembelajaran di Madrasah ini dan membantu para guru khususnya dalam pembelajaran istima’. Penulis menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan Materi Ajar Istima’ dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun samplenya adalah siswa-siswi kelas X Ma Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, tes, angket, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini adalah: 1) karakteristik materi ajar yang dikembangkan adalah menyajikan kemampuan bahasa Arab khususnya maharah istima’, sekiranya siswa mampu memahami makna teks yang diperdengarkan. 2) ditemukan adanya efektifitas dari materi istima’ yang telah dikembangkan, dibuktikan dengan adanya perubahan dari nilai Pretest dan post test, didasarkan atas perbandingan t-hitung dan t-tabel yang menunjukkan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2,262 < 14, 956)