ctrlnum 14276
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/</relation><title>BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK</title><creator>Alwy, Susiati</creator><subject>Bimbingan Konseling</subject><description>Dalam konseling kelompok kedua pihak harus bekerja sama agar masing-masing dapat memahami diri dan permasalahannya serta mampu mengembangkan potensi positif dalam dirinya, sehingga klien dapat memecahkan permasalahannya didalam kelompok, tentu atas bantuan dari konselor. Karena itu seorang konselor yang bekerja dibidang interaksi antar manusia harus dilengkapi dengan ilmu penunjang lain misalnya: psikologi, sosiologi, ilmu pendidikan, dan ilmu-ilmu lain yang bersinggungan dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Konselor harus memiliki keterampilan koseling yaitu menguasai teknik-teknik konseling di setiap tahapan proses konseling: tahap awal, tahap pertengahan, tahap akhir. Tujuan diadakan tahap-tahap dalam proses konseilng agar koselor dapat memantau atau mengetahui sampai dimana kemajuan konseling yang dilakukannya. Dalam setiap konseling ada teknik tertentu dan tujuan yang harus dicapai, maka konselor harus mampu menangkap permasalahan klien dalam kelompok secara definitif sesuai dengan pernyataan klien dan bahasa isyarat yang diajukan klien. Selanjutnya dari masalah klien itulah konselor mendalami dan memahami permasalahan klien hingga tuntas yakni: klien menurunkan kecemasannya, klien mampu memecahkan masalahnya, klien mampu membuat rencana masa depan setelah melewati masa-masa sulit. Konselor selama menangani permasalahan yang dihadapi klien secara kelompok, konselor harus mampu membaca perilaku masing-masing klien dalam kelompok tersebut misalnya: bahasa tubuh, isyarat, cara duduk, mimik mukanya dan lain sebagainya. Perilaku klien akan membantu konselor daJam ikut memecahkan permasalahan yang dihadapi klien tersebut. Banyak masalah-masalah yang dihadapi klien terutama siswa di sekolah menjadi prioritas penanganan konselor secara intensif, agar mereka dapat menyelesaikan studinya sampai tamat. Karena banyak tetjadi permasalahan yang mereka hadapi tidak bisa tuntas, sehingga mereka merasa cemas, gundah, ragu-ragu dan tidak menentu dalam mengahdapi hidup. Saya berharap buku ini dapat bermanfaat dan dapat membantu konselor terutama, dan para mahasiswa Bimbinghan Konseling serta calon guru, untuk membantu klien maupun siswanya secara optimal dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan oleh mereka dan bisa merencanakan hidup di masa depan yang cerah.</description><publisher>IAIT Press</publisher><date>2012-02</date><type>Book:Book</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/2/Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/9/Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/14276/10/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Alwy, Susiati (2012) BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK. IAIT Press, Kediri. ISBN 978-979-18633-5-4 </identifier><recordID>14276</recordID></dc>
language eng
format Book:Book
Book
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Alwy, Susiati
title BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK
publisher IAIT Press
publishDate 2012
isbn 9789791863354
topic Bimbingan Konseling
url http://digilib.uinsby.ac.id/14276/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/2/Kata%20Pengantar.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/9/Bab%206.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/10/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/14276/
contents Dalam konseling kelompok kedua pihak harus bekerja sama agar masing-masing dapat memahami diri dan permasalahannya serta mampu mengembangkan potensi positif dalam dirinya, sehingga klien dapat memecahkan permasalahannya didalam kelompok, tentu atas bantuan dari konselor. Karena itu seorang konselor yang bekerja dibidang interaksi antar manusia harus dilengkapi dengan ilmu penunjang lain misalnya: psikologi, sosiologi, ilmu pendidikan, dan ilmu-ilmu lain yang bersinggungan dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Konselor harus memiliki keterampilan koseling yaitu menguasai teknik-teknik konseling di setiap tahapan proses konseling: tahap awal, tahap pertengahan, tahap akhir. Tujuan diadakan tahap-tahap dalam proses konseilng agar koselor dapat memantau atau mengetahui sampai dimana kemajuan konseling yang dilakukannya. Dalam setiap konseling ada teknik tertentu dan tujuan yang harus dicapai, maka konselor harus mampu menangkap permasalahan klien dalam kelompok secara definitif sesuai dengan pernyataan klien dan bahasa isyarat yang diajukan klien. Selanjutnya dari masalah klien itulah konselor mendalami dan memahami permasalahan klien hingga tuntas yakni: klien menurunkan kecemasannya, klien mampu memecahkan masalahnya, klien mampu membuat rencana masa depan setelah melewati masa-masa sulit. Konselor selama menangani permasalahan yang dihadapi klien secara kelompok, konselor harus mampu membaca perilaku masing-masing klien dalam kelompok tersebut misalnya: bahasa tubuh, isyarat, cara duduk, mimik mukanya dan lain sebagainya. Perilaku klien akan membantu konselor daJam ikut memecahkan permasalahan yang dihadapi klien tersebut. Banyak masalah-masalah yang dihadapi klien terutama siswa di sekolah menjadi prioritas penanganan konselor secara intensif, agar mereka dapat menyelesaikan studinya sampai tamat. Karena banyak tetjadi permasalahan yang mereka hadapi tidak bisa tuntas, sehingga mereka merasa cemas, gundah, ragu-ragu dan tidak menentu dalam mengahdapi hidup. Saya berharap buku ini dapat bermanfaat dan dapat membantu konselor terutama, dan para mahasiswa Bimbinghan Konseling serta calon guru, untuk membantu klien maupun siswanya secara optimal dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan oleh mereka dan bisa merencanakan hidup di masa depan yang cerah.
id IOS2718.14276
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:07:23Z
last_indexed 2019-06-14T01:25:52Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765778980904894464
score 17.538404